Anak Macan Tutul yang Dehidrasi Disatukan dengan Ibunya lewat Cara Unik

Jumat, 11 Juni 2021 | 11:25 WIB
Kredit foto: Wildlife Trust of India Kredit foto: Wildlife Trust of India

RIAU24.COM - Petugas satwa liar di India membantu menyatukan kembali anak macan tutul yang terpisah dari ibunya.

Penduduk desa di negara bagian Assam di timur laut menemukan bayi macan tutul betina berusia dua bulan itu terjebak di parit kebun teh.
Baca Juga: Dipecat hingga Bunuh Diri, Nasib Pejabat yang Tewaskan 21 Pelari Ultramaraton di China

 
Dokter hewan satwa liar, Khanin Changmai mengatakan kepada BBC bahwa bayi macan itu lucu dan dalam kondisi tidak terluka, hanya sedikit dehidrasi.

"Ada kepanikan di desa-desa terdekat ketika pemetik teh melihat macan tutul di kebun teh. Dia melarikan diri ketika mereka membunyikan alarm," kata Dr Changmai.

Dia mengatakan pemilik perkebunan digiring ke parit oleh tangisan anaknya. Karena dia tidak bisa berdiri sendiri, penduduk desa menyelamatkannya dan membawanya ke rumah terdekat.
Baca Juga: Tragis, Serangan Rudal Mematikan Targetkan Rumah Sakit di Afrin, Noda Darah Berceceran Dimana-Mana 
Dr Changmai mengatakan dia memberinya "15-20ml larutan rehidrasi oral (ORS) untuk mengobati dehidrasinya".

Penduduk desa khawatir macan tutul akan kembali untuk mencari anaknya dan bersikeras agar memasang jebakan untuk menangkap induknya, tetapi Dr Changmai meyakinkan mereka bahwa ada cara yang lebih efektif.

Anak macan tutul itu dikembalikan ke asalnya. Dia diletakkan dalam kotak kardus, ditutup rapat dengan selotip untuk memastikannya tidak bisa keluar. Tetapi induknya akan bisa merobeknya nanti.

"Pada malam hari, kurang dari 12 jam setelah mereka dipisahkan, sang ibu menemukan kotak itu dan mengambil anaknya," ujar Changmai.



 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...