Sempat Ditunda, Italia Akhirnya Berhasil Mengalahkan Turki Dalam Pembukaan Turnamen Euro 2020

Sabtu, 12 Juni 2021 | 08:46 WIB
Foto : Aljazeera Foto : Aljazeera
<p>RIAU24.COM - Italia telah mengalahkan Turki 3-0 dalam pertandingan pembukaan turnamen sepak bola Euro 2020 yang tertunda, acara olahraga terbesar di dunia sejak dimulainya pandemi coronavirus. Azzurri membuat terobosan yang pantas dilakukan delapan menit memasuki babak kedua pertandingan hari Jumat ketika Domenico Berardi mencetak gol dan Merih Demiral mencetak gol bunuh diri.

Ciro Immobile mengakhiri peluang pertahanan Turki yang tidak mungkin menyamakan kedudukan pada menit ke-66, sementara Lorenzo Insigne menambahkan gol ketiga.

Turnamen dimulai setahun lebih lambat dari yang direncanakan karena pandemi, tetapi para penggemar Italia di Stadion Olimpiade Roma, yang berkapasitas 25 persen, diberi sesuatu untuk menghibur. Fans perlu memiliki bukti vaksinasi, tes negatif atau sudah memiliki COVID-19.

Baca Juga: Begini Sentilan Pemain Sekaligus Pelatih Inggris Usai Cristiano Ronaldo Geser Botol Coca Cola

Ibu kota Italia ini adalah salah satu dari 11 kota yang akan menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola selama acara selama sebulan.

“Setelah semua yang terjadi, sekarang situasinya menjadi lebih baik, saya pikir sudah waktunya untuk mulai memberikan sesuatu kepada para penggemar untuk dipuaskan,” kata pelatih Italia Roberto Mancini kepada wartawan sebelum pertandingan.

Lebih dari satu juta orang Eropa telah meninggal dalam pandemi, termasuk hampir 127.000 orang Italia. Sekitar 3,7 juta orang telah kehilangan nyawa mereka di seluruh dunia. Turnamen ditunda pada Maret 2020 ketika negara-negara berjuang untuk menahan wabah virus dan acara olahraga besar di seluruh dunia dibatalkan atau ditunda.

Mark Doyle, wakil editor fitur di Goal.com, mengatakan hanya dengan menggelar turnamen saja sudah merupakan kemenangan besar. “Jika Anda bertanya kepada saya dua atau tiga bulan lalu apakah Roma akan berada dalam posisi untuk menggelar pertandingan, saya akan mengatakan sama sekali tidak, jumlahnya masih terlalu tinggi,” katanya seperti dilansir dari Al Jazeera.

“Sulit untuk menemukan seseorang yang tidak terlalu terpengaruh oleh hal ini dalam hal kehilangan orang yang dicintai … jadi, hanya dengan membawa penggemar ke stadion, saya pikir merupakan pencapaian besar,” katanya.

Sementara banyak yang khawatir bahwa masih tidak aman untuk menyatukan banyak penggemar di stadion di seluruh Eropa, penyelenggara berharap langkah-langkah termasuk pembatasan kerumunan, waktu kedatangan yang terhuyung-huyung untuk penggemar dan aturan jarak fisik, antara lain, akan membantu mencegah kebangkitan infeksi virus, yang telah turun tajam di Eropa dalam beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Usai Ronaldo, Manuel Locatelli Ikut Geser Botol Coca-Cola

Konsekuensi tidak diketahui
Jika semuanya berjalan lancar, Euro 2020 dapat memberikan dorongan kepercayaan diri untuk acara olahraga besar lainnya seperti Olimpiade Tokyo, yang dijadwalkan dibuka pada 23 Juli – juga terlambat setahun. Jika tidak, itu akan menjadi kemunduran serius yang bisa berdampak di luar sepak bola.

COVID-19 sudah berdampak pada turnamen yang untuk pertama kalinya tidak diselenggarakan oleh satu atau dua negara melainkan tersebar di seluruh benua. Kapten Spanyol Sergio Busquets dinyatakan positif COVID-19 dan akan melewatkan pertandingan pertama tim melawan Swedia di Seville pada hari Senin. Pemain Spanyol lainnya dinyatakan positif, begitu pula dua pemain Swedia. Skuad Spanyol mendapatkan vaksinasi pada hari Jumat.

Pemain sayap Rusia Andrey Mostovoy kemudian menjadi pemain pertama yang dikeluarkan dari tim nasional pada hari Jumat setelah dinyatakan positif. Laga pembuka Italia melawan Turki akan mempertemukan penonton terbesar di negara itu sejak dikunci penuh 15 bulan lalu, meski stadion hanya akan terisi 25 persen dari kapasitasnya. Di Roma dan di tempat lain di Italia, sebagian besar pembatasan virus telah dicabut. Jam malam dan kewajiban memakai masker di luar rumah adalah cara paling nyata di mana pandemi masih mempengaruhi kehidupan sehari-hari warga.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...