Waseda Boys Mengaku Tak Pernah Diajarkan Sejarah Jepang Menjajah Indonesia dan Kerja Paksa Romusa

Selasa, 13 Juli 2021 | 21:10 WIB
Waseda Boys Mengaku Tak Pernah Diajarkan Sejarah Jepang Menjajah Indonesia dan Kerja Paksa Romusa (foto/int) Waseda Boys Mengaku Tak Pernah Diajarkan Sejarah Jepang Menjajah Indonesia dan Kerja Paksa Romusa (foto/int)

RIAU24.COM - Indonesia memiliki banyak tragedi saat dijajah Belanda dan Jepang. Tetapi penjajahan Jepang dengan dalih sebagai 'Saudara Tua' telah banyak memakan korban jiwa selama 3,5 pendudukannya.

Tetapi catatan kelam Jepang menjajah Indonesia banyak tidak disampaikan ke generasi mudanya. Hal itu diakui Waseda Boys sebutan Jerome Polin dengan ketiga sahabat Jepangnya.

Sebagai informasi Jerome Polin adalah mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa di Waseda University, Tokyo, Jepang. Kemudian Jerome akrab dengan tiga sahabat Jepang, yaitu Tomo, Yusuke, dan Otsuka.

Baca Juga: Kedekatan Ayu Ting Ting Bersama Robby Purba, Netizen: Semoga Jodoh

Pada video yang diunggah Jerome di kanal youtube @Nihongi Mantappu dirinya memberikan beberapa pertanyaan dari netizen untuk ketiga sahabatnya itu. "Fakta atau tidak, banyak anak muda Jepang tidak tahu Jepang pernah menjajah Indonesia?" tanya Jerome dalam video itu.

Mendengar pertanyaan itu, Yusuke kemudian berujar bahwa pelajaran sejarah perang yang diajarkan sewaktu di sekolah tidak ada mengenai Jepang menjajah Indonesia. "Jarang di bahas. Kalau penjajahan Jepang ke Korea lumayan sering dibahas. Tetapi kalau lenjajahan di Indonesia enggak diajarin," kata Yusuke.

Baca Juga: Kata Adhie Massardi, Ada 3 Syarat Utama Untuk Lockdown, Indonesia Hanya Baru Satu Terpenuhi

Hal itu dibenarkan Tomo yang kemudian berucap, "Mungkin tergantung apakah saat itu ada perang dengan negara itu. Jadi ada perang namanya nicchuu sensou (Perang Jepang-China), dan ada Nichiro sensou (Perang Jepang-Rusia) dimana Jepang perang melawan Rusia. Terus ada Nikan Sensou (Perang Jepang-Korea). Dan karena ada perang setelah Jepang menang makanya terjadi penjajahan," ucap Tomo.

"Mungkin Jepang tidak berperang melawan Indonesia makanya tidka dibahas detail," sambung Tomo.

Lalu Jerome menjelaskan ada istilah Romusa. Yaitu kerja paksa yang diberlakukan tentara Jepang ke rakyat Indonesia dan tawanan perang lain seperti Belanda juga orang China.

Mendengar itu ketiganya baik Tomo, Yusuke, atau Otsuka tak mengetahui detail peristiwa tersebut. Termasuk kemerdekaan Indonesia yang didapat setelah Jepang menyatakan menyerah terhadap pasukan sekutu.

Video ini suda tayang di kanal youtube milik @Nihongo Mantappu dengan judul "Orang Jepang Gak Tahu Penjajahan Indonesia!?  Tanya Orang Jepang". Sebaiknya tonton sampai tuntas agar tidak salah paham.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...