Kelurahan Zona Merah, Harus Sembelih Kurban di Rumah Potong Hewan Saat Perayaan Idul Adha

Rabu, 14 Juli 2021 | 14:48 WIB
Kelurahan Zona Merah, Harus Sembelih Kurban di Rumah Potong Hewan Saat Perayaan Idul Adha (foto/int) Kelurahan Zona Merah, Harus Sembelih Kurban di Rumah Potong Hewan Saat Perayaan Idul Adha (foto/int)

RIAU24.COM - Walikota Pekanbaru, Dr Firdaus menyampaikan agar warga yang berada di kelurahan zona merah penyebaran Covid-19 untuk membawa kurban ke Rumah Potong Hewan (RPH) saat perayaan Idul Adha. Hal itu sesuai arahan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Apalagi Kota Pekanbaru masih menjalani masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperketat sejak 1 Juli hingga 20 Juli 2021. Meski begitu, umat muslim tetap dianjurkan mengirim hewan kurban ke RPH saat perayaan Idul Adha.

Hal itu disampaikan Walikota Pekanbaru Dr Firdaus usai rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (13 Juli 2021). "Untuk pemotongan hewan kurban, kami juga mengikuti perintah dari menteri agama. Pemotongan hewan kurban disarankan diserahkan kepada Rumah Potong Hewan di Kecamatan Tuah Madani," sebut Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Baca Juga: Kebijakan PPKM Level 4 di Pekanbaru Direvisi, Cuma Berlaku Sampai 2 Agustus Saja

Hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan RPH. Yang jelas, hewan kurban milik Pemko Pekanbaru semuanya dipotong di RPH. 

Karena kemampuan rumah potong hewan terbatas, bagi umat muslim di zona kuning dan hijau dibolehkan melakukan pemotongan hewan kurban dengan protokol kesehatan yang ketat," ucap Firdaus.

Baca Juga: PPKM Level IV Diterapkan, Bisnis Konveksi di Pekanbaru Terpukul
 

Sebaliknya, umat muslim di kelurahan zona merah dan oranye tetap diinstruksikan menteri agama (Menag) dilakukan di rumah potong. Diharapkan, pemotongan hewan kurban tidak ada kendala di RPH.

Selain itu Dr Firdaus tetap mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Yaitu menerapkan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...