Meski Sepakat Rujuk, Erdogan tetap Tekankan Hal Ini pada Israel

Kamis, 15 Juli 2021 | 09:45 WIB
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

RIAU24.COM - Setelah melakukan panggilan telepon dengan Presiden Israel, Issac Herzog, Erdogan sepakat untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang tengah bersitegang.

Sejak dulu, Turki mengutuk pendudukan Israel di Tepi Barat dan perlakuannya terhadap warga Palestina. Di lain sisi, Israel meminta Turki untuk menghentikan dukungannya terhadap kelompok Hamas.
Baca Juga: Kelelahan Usai Melahirkan Sembilan Bayi, Wanita Ini Terpaksa Rawat Inap di Rumah Sakit Hingga Berbulan-Bulan


Mulanya, Presiden Erdogan menelpon Issac Herzog untuk menyelamatinya atas kemenangan beliau dalam pemilihan, Senin (12/7). Kini Issac resmi menjabat sebagai Presiden Israel yang baru.

“Sebuah kerangka kerja muncul setelah seruan ini di mana kemajuan harus dibuat pada beberapa masalah di mana perbaikan dapat dilakukan, dan di mana langkah-langkah menuju penyelesaian area bermasalah harus diambil,” kata juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan, Omer Celik setelah pertemuan Partai AK.

Selama panggilan telepon yang dilakukan sehari setelah Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengunjungi Ankara, Erdogan mengatakan kepada Herzog bahwa dia berniat mempertahankan dialog antara Turki-Israel yang demikian itu adalah kunci stabilitas regional.

Baca Juga: Inilah Video Transformasi Paling Epik di TikTok, Seorang Nenek Berubah Menjadi Wanita Muda yang Cantik

Kepada Herzog, Erdogan juga menegaskan kembali dukungannya terhadap Palestina, dan menekankan bahwa apabila Israel tidak macam-macam dengan Palestina, maka hubungan Turki-Israel akan berjalan baik-baik saja.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...