Ikea Dituding Pelopori Pembalakan Liar Hutan Rusia, Bahayakan Bumi dan Paru-paru Planet

Kamis, 15 Juli 2021 | 14:24 WIB
Sumber foto: NBC News Sumber foto: NBC News

RIAU24.COM - Pembalakan liar di Rusia dikait-kaitkan dengan produk Ikea, di mana penebangan pohon merajalela dan mengancam kelestarian hutan yang penting bagi Bumi.

Tinjauan rantai pasokan untuk beberapa furnitur anak-anak paling populer di Ikea termasuk tempat tidur Sundvik dan rumah boneka Flisat menunjukkan bahwa beberapa kayu pinus kemungkinan berasal dari perusahaan penebangan Rusia di Siberia yang berulang kali melanggar undang-undang lingkungan Rusia yang dirancang untuk melindungi hutan, lapor NBC News.
Baca Juga: Inilah Video Transformasi Paling Epik di TikTok, Seorang Nenek Berubah Menjadi Wanita Muda yang Cantik


Potongan kayu dari hutan lindung Rusia kemungkinan akan berakhir di produk Ikea lainnya.

Ikea adalah pengecer furnitur terbesar di dunia, terkenal dengan produk kemasan datar dan siap dirakit. Mengoperasikan 422 toko di lebih dari 50 negara.

Ikea melaporkan penjualan ritel lebih dari $41 miliar tahun lalu. Ikea juga menghasilkan konsumen kayu terbesar di dunia.

Hutan boreal Rusia adalah kawasan hutan terbesar di dunia. Hutan ini merupakan jalur kehidupan terpenting bagi Bumi, perannya sebagai paru-paru Bumi sama seperti hutan Amazon membantu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan udara yang dihirup manusia.

Baca Juga: Aktivis Muslim Uighur Paling Dicari Interpol Ditangkap Maroko

Perusahaan Rusia yang terlibat dalam pembalakan liar yang telah dikaitkan dengan Ikea dan perusahaan Barat lainnya sering disebut sebagai kelompok ExportLes dan dikendalikan oleh politisi lokal di provinsi Irkutsk Oblast Siberia, Evgeny Bakurov.

Perusahaan Bakurov sering menyatakan operasi penebangan pohon mereka sebagai "pembalakan sanitasi" legal. 

Namun sebuah laporan mengungkapkan bahwa beberapa perusahaannya beroperasi di kawasan hutan lindung dengan dalih palsu bahwa pohon-pohon tersebut sakit.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...