Diplomat Senior China Desak Pakistan Selidiki Ledakan Bus yang Tewaskan 9 Warga Negaranya

Kamis, 15 Juli 2021 | 14:38 WIB
Wang Yi Wang Yi

RIAU24.COM - Diplomat senior China, Wang Yi, mendesak Pakistan untuk menyelidiki ledakan di sebuah bus yang menewaskan 13 orang, termasuk sembilan pekerja China.

Juru bicara kementerian luar negeri China menyebut ledakan tersebut sebagai serangan bom, namun Pakistan mengatakan ledakan disebabkan oleh kegagalan mekanis yang memicu kebocoran gas.
Baca Juga: Negara Ini Pilih Tak Perpanjang Masa Darurat Meskipun Covid-19 Kian Mengkhawatirkan


Akibat ledakan itu, bus menabrak jurang di provinsi Khyber-Paktunkhwa di barat laut Pakistan. Tempat itu juga merupakan proyek pembangkit listrik tenaga air yang dalam beberapa tahun ini sedang dikerjakan oleh para insinyur China yang menjadi korban kecelakaan bus.

Wang mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Qureshi bahwa jika itu memang sebuah "serangan teroris", Pakistan harus segera menangkap pelakunya dan menghukum mereka dengan berat, Rabu (14/7).

Baca Juga: Taliban Kian Ganas, Pakistan Ambil Sikap Kerahkan Militer Jaga Perbatasan

Wang, yang merupakan Penasihat Negara dan menteri luar negeri China, mengatakan "pelajaran harus dipelajari" dan kedua belah pihak harus lebih memperkuat langkah-langkah keamanan untuk proyek kerjasama China-Pakistan untuk memastikan operasi mereka yang aman dan lancar, dikutip dari Reuters.

Keduanya berbicara di Dushanbe, ibu kota Tajikistan, di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri Organisasi Kerjasama Shanghai.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...