Wabup Bengkalis Didampingi Anggota Komisi V DPR RI Kunker Kerupat Utara Tinjau Sejumlah Fasilitas Pelabuhan

Jumat, 16 Juli 2021 | 14:57 WIB
Wabup Bengkalis Bagus Santoso bersama rombongan Wabup Bengkalis Bagus Santoso bersama rombongan

RIAU24.COM -BENGKALIS - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso bersama anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Kamis 15 Juli 2021 kemarin.

Kunjungan kerja Wabup Bengkalis beserta rombongan itu, turut mendampinginya Pelaksana Harian (PH) Kantor Syahbandar Tanjung Medang Dody Barnas dan Kepala Dishub Bengkalis Djoko Imhar. Saat itu, Wabup Bagus Santoso meninjau fasilitas pelabuhan salah satunya pelabuhan penumpang Tanjung Medang Rupat Utara.

Seperti disampaikan PH Kantor Syahbandar Tanjung Medang Dody Barnas bahwa, kunjungan kerja ini selain meninjau Pelabuhan Penumpang Tanjung Medang, Wabup Bengkalis juga meninjau ruas Jalan Lingkar Rupat dan tidak ketinggalan meninjau beberapa fasilitas lainnya.

Baca Juga: Sidang Perdata Sengketa Lahan, Saksi Penggugat Berbelit Belit Saat Dihadapan Majelis Hakim

Fasilitas pelabuhan yang ditinjau adalah Pelabuhan Lintas Batas dan Pelabuhan Roro yang dulu direncakan untuk penyeberangan Rupat-Malaysia. Dan pelabuhan tersebut saat ini tidak berfungsi sebagai mestinya.

"Ada beberapa permasalahan yang dihadapi misalnya pelabuhan Lintas Batas yaitu sisi Laut Dermaga sudah dibangun dan rampung pada tahun 2006 silam dengan anggaran APBN, akan tetapi sampai saat ini sisi darat lelabuhan tersebut seperti fasilitas pendukung pelabuhan terminal masih kurang,"ujar Dody Barnas saat bersama meninjau sejumlah pelabuhan, Jumat 16 Juli 2021.

Menurutnya, bangunan pelabuhan dan pendukung lain belum tersedia, lahan sisi darat merupakan milik Pemda Kab Bengkalis. Pelabuhan ini jika dapat difungsikan dengan cara Pemda Bengkalis sebagai pemilik lahan pelabuhan membangun fasilitas darat tersebut. Maka akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bengkalis dan Tanjung Medang pada khususnya. 

Baca Juga: Kepala Desa Bantah Terkait Pemberitaan Dua Orang Warga Simpang Ayam Terkomfirmasi Covid-19

Sementara, Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi menyampaikan bagaimana caranya agar fasilitas yang sudah ada ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat banyak.

"Itu yang akan diprioritaskan, kan sayang fasilitas yang sudah ada tapi tidak bisa dipergunakan untuk masyarakat. Dan terkait pelabuhan Roro, ini akan masih dikaji lebih dalam karena hal ini menyangkut kepentingan 2 negara yaitu indonesia dan malaysia. Kunjungan dan penyampaian aspirasi masyarakat ini sangat diharapkan membawa perubahan kearah yang lebih baik untuk kemajuan masyarakat di Kabupaten Bengkalis,"ucap Anggota DPR RI Syahrul Aidi.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...