Selain Kepergok Bawa HP ke Dalam Jeruji, Ini Sederet Ulah Setya Novanto yang Sempat Bikin Heboh

Minggu, 18 Juli 2021 | 12:38 WIB
Setya Novanto Setya Novanto

RIAU24.COM -   Setya Novanto (Setnov) bikin heboh lagi. Terpidana korupsi e-KTP itu muncul dalam foto dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin. Yang bikin geleng-geleng, Novanto terlihat membawa ponsel.

Foto tersebut praktis membuat kaget. Sebab, mantan politikus Partai Golkar ini tengah menjalani vonis 15 tahun penjara.

Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar klaim telah menyelidiki foto beredar di kalangan pewarta itu. Hasilnya, foto itu diambil saat momen idul adha pada tahun 2020.

"Setelah kami cross-check beberapa foto yang masuk, kondisi tersebut suasana saat Idul Adha, beberapa foto terlihat sedang memanggang daging sapi," ujar Yuzar dilansir dari detikcom, Sabtu (19/7).

Baca Juga: Jefri Nichol Belajar Merokok Demi Bintangi Film Jakarta vs Everybody, Netizen: Kan Udah Pernah Ngeganja, ya kali Ganja di Blender

Jika di ingat-ingat, bukan kali pertama ia berulah yang membuat geleng-geleng kepala.

Kepergok di Restoran Nasi Padang

Setya Novanto tiba-tiba muncul di restoran Padang RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada April 2019. Saat itu Setnov tengah izin untuk menjalani pengobatan berdasarkan rekomendasi dokter di RSPAD. Namun usai menjalani pengobatan, Setya Novanto ingin mencari angin dan akhirnya duduk di sebuah restoran, di lingkungan RSPAD.

Di Toko Bangunan

Terbaru, Setya Novanto dikabarkan terlihat berada di sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang pada Jumat, 14 Juni 2019. Pada foto yang beredar, pria yang mirip Setya Novanto itu mengenakan kemeja lengan pendek serta memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker. Dalam foto, dia tengah berbincang dengan seorang wanita dengan tas berwarna merah.

Sel Mewah

Yang tak kalah mengejutkan dari Setya Novanto ialah sel mewah yang dihuninya di Lapas Sukamiskin, Bandung. Sel mewah Setnov terungkap kala tim Mata Najwa yang ikut Dirjen PAS sidak ke Lapas Sukamiskin. Mereka menemukan kejanggalan saat mendatangi sel nomor 29 Blok Timur yang ditempati Setya Novanto.

Menkumham sendiri akhirnya mengakui, sel tersebut palsu dan bukan tempat Setya Novanto. "Itu bukan sel Setya Novanto," kata Yasonna H Laoly.

Fakta baru kemudian diungkap Ombudsman saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Kamis 13 September 2018 malam, di Lapas Sukamiskin. Temuan Ombudsman mengungkap, bahwa kamar tahanan Setnov lebih besar dibanding yang lain. Sel mantan Ketua DPR itu juga dilengkapi sejumlah perabotan tertata rapi. Tak cukup itu, kloset duduk serta dinding plywood juga menghiasi sel mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Bawa Ponsel di Lapas

Terbaru, beredar foto narapidana kasus korupsi di Lapas Sukamiskin, Setya Novanto sedang berkumpul dengan narapidana yang lain. Mereka diduga sedang menunggu hidangan daging sapi.

Baca Juga: Momen SBY Lompat dan Smash Bola Voli, Netizen: Jangan Tinggi-tinggi

Dalam foto yang beredar di kalangan wartawan itu, tampak Setya Novanto mengenakan baju warna biru muda. Ia duduk ditemani empat orang duduga penghuni lapas lain, termasuk mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada. Ada satu orang yang berpose sambil berdiri.

Di depan Setya Novanto terdapat ponsel warna hitam. Beberapa piring dan irisan acar bawang merah. Salah seorang dalam foto ada yang sedang memainkan ponselnya.

Padahal, larangan menggunakan alat elektronik berupa handphone diatur dalam Pasal 4 huruf j Permenkumham 6/2013 disebutkan setiap narapidana atau tahanan dilarang memiliki, membawa dan atau menggunakan alat elektronik, seperti laptop atau komputer, kamera, alat perekam, telepon genggam, pager, dan sejenisnya.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...