Tak Jua Capai Mufakat, Taliban Sepakat Negosiasi Lagi, Berkomitmen Untuk Sudahi Perang

Senin, 19 Juli 2021 | 09:34 WIB
Sumber foto: AFP Sumber foto: AFP

RIAU24.COM - Perwakilan pemerintah Afghanistan dan Taliban sepakat untuk bertemu lagi guna mempercepat proses negosiasi damai setelah menghabiskan dua hari berdiskusi. Hal ini disampaikan kedua belah pihak dalam sebuah pernyataan bersama.

“kedua belah pihak berkomitmen untuk melanjutkan negosiasi pada tingkat tinggi sampai kesepakatan tercapai. Kami akan bekerja untuk memberikan bantuan kemanusiaan di seluruh Afghanistan,” bunyi pernyataan itu.
Baca Juga: Negara Ini Pilih Tak Perpanjang Masa Darurat Meskipun Covid-19 Kian Mengkhawatirkan


Selama berbulan-bulan lamanya, kedua belah pihak sudah sering melakukan pertemuan singkat, namun tak membuahkan hasil alias tak mencapai mufakat.

Perwakilan senior pemerintah Kabul, termasuk kepala Dewan Tinggi untuk Rekonsiliasi Nasional, Abdullah Abdullah, menghabiskan dua hari untuk mengadakan pembicaraan intensif terkait pasukan AS yang akan menarik seluruh pasukannya.

“Kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan negosiasi pada tingkat tinggi sampai penyelesaian tercapai. Untuk tujuan ini, mereka akan bertemu lagi minggu depan,” kata utusan kontraterorisme Qatar, Mutlaq al-Qahtani, yang mengawasi pembicaraan di Doha.

Baca Juga: Taliban Kian Ganas, Pakistan Ambil Sikap Kerahkan Militer Jaga Perbatasan

Pemimpin Taliban, Haibatullah Akhundzada, mengatakan kelompoknya berkomitmen untuk mencari solusi mengakhiri perang.

Taliban memanfaatkan tahap terakhir penarikan AS dan pasukan asing lainnya dari Afghanistan untuk meluncurkan serangkaian serangan kilat di seluruh negeri.

Saat ini, Taliban diyakini sudah menguasai sekitar 400 distrik, di antaranya beberapa penyeberangan perbatasan penting, dan mengepung serangkaian ibu kota provinsi yang vital.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...