China Akan Luncurkan Kereta Tercepat di Dunia, Secepat Kilat

Rabu, 21 Juli 2021 | 13:28 WIB
Tampak Maglev Train Tampak Maglev Train

RIAU24.COM - China meluncurkan kereta maglev yang berkecepatan 373 mph, menjadikannya kendaraan transportasi darat tercepat di dunia.

China Railway Rolling Stock Corp mengatakan bahwa China akan segera menjadi "negara adidaya transportasi" dengan gaya kereta elektromagnetik, Selasa (20/7).
Baca Juga: Studi Menunjukkan Interval yang Lebih Lama Antara Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer Mampu Meningkatkan Tingkat Antibodi Secara Keseluruhan


China Railway Rolling Stock Corp mulai mengerjakan proyek kereta ini pada 2016 bersama dengan 30 perusahaan, universitas riset dan lembaga lainnya.

Kereta ini dibangun di kota Qingdao, di pantai timur China. Kepala insinyur, Liang Jianying, mengatakan awal tahun ini bahwa kereta akan tersedia untuk umum dalam lima hingga 10 tahun mendatang.

Tahun lalu, China mengungkapkan rencana untuk meluncurkan lebih banyak rute maglev. Pemerintah mengatakan pihaknya berencana untuk membangun sembilan jalur maglev yang mencakup rel sepanjang 620 mil.

Baca Juga: Akui Jika Vaksin Sinovac dan Sinopharm Kurang Efektif Dalam Mencegah COVID-19, China Akan Kembangkan Booster Shots Terbaru

Kereta maglev China saat ini terbatas untuk jarak pendek. Sebuah jalur di Shanghai beroperasi antara bandara dan pusat kota.

Kereta yang beroperasi pada kecepatan maksimum 217 mph di Tibet mulai beroperasi 25 Juni lalu. Jaringan 250 mil, yang menghubungkan ibukota Tibet Lhasa ke kota Nyingchi, memakan waktu enam tahun untuk diselesaikan dan menelan biaya $5,6 miliar.

Yayasan Teknologi dan Inovasi Informasi di Washington mengatakan bahwa kereta maglev di China berharga 1 1/2 kali lebih mahal daripada kereta berkecepatan tinggi konvensional.

"Ada banyak masalah teknologi yang harus diatasi untuk mengembangkan dan menyebarkan kereta maglev berkecepatan tinggi sebagai bagian dari sistem transportasi terintegrasi," kata yayasan itu pada bulan April.

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...