Wow, Negara-negara Ini Tawarkan Vaksin Covid-19 Kepada Wisatawan Untuk Tingkatkan Perekonomian

Rabu, 21 Juli 2021 | 13:55 WIB
Foto : Indiatimes Foto : Indiatimes

RIAU24.COM -  Pada awal 2021, negara-negara di seluruh dunia memulai upaya vaksinasi, menyediakan cukup vaksin untuk mengimunisasi populasi yang paling rentan. Kemudian ketika vaksin tersedia dan disetujui, jumlah orang yang divaksinasi meningkat.

Menurut WHO, sejauh ini lebih dari 340 juta orang telah diberikan vaksin COVID-19 di seluruh dunia.

Sekarang, beberapa tujuan wisata telah melangkah lebih jauh dengan menawarkan vaksin kepada wisatawan. Usulan tersebut merupakan upaya untuk menarik lebih banyak pelancong setelah tahun 2020 membuat pariwisata terpuruk.

Baca Juga: Kelelahan Usai Melahirkan Sembilan Bayi, Wanita Ini Terpaksa Rawat Inap di Rumah Sakit Hingga Berbulan-Bulan

1. Maladewa
Maladewa, negara kepulauan kecil di Asia Selatan, tujuan wisata favorit bagi para pelancong dari seluruh dunia, menawarkan vaksin COVID-19 kepada para pelancong dalam upaya untuk merevitalisasi sektor pariwisata dan juga perekonomiannya.

"Visit, Vaccinate, Vacation' - skema seperti itu akan diberikan kepada turis asing, tetapi pihak berwenang bermaksud meluncurkannya hanya setelah penduduk setempat divaksinasi. Ide utama pariwisata terbuka adalah menyediakan pariwisata yang cukup aman dengan ketidaknyamanan minimal , "Kata Menteri Pariwisata Abdulla Mausoom pada bulan Mei. Dan begitu negara kepulauan itu divaksinasi, mereka akan beralih ke pariwisata '3V', tambahnya.

Pada bulan yang sama, Maladewa mengumumkan bahwa lebih dari 400.000 wisatawan telah mengunjungi negara itu tahun ini saja.


2. Amerika Serikat
Kota-kota dan negara bagian AS sekarang juga mengizinkan para pelancong untuk divaksinasi. Ketika kampanye vaksinasi diluncurkan di Amerika Serikat, beberapa negara bagian awalnya "menerima permusuhan" dengan gagasan memvaksinasi turis. Namun, beberapa bulan kemudian, mereka mulai memulihkan pariwisata internasional dari langkah ini untuk memikat orang asing dengan vaksin COVID-19.

New York mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka akan mulai memvaksinasi wisatawan berusia 16 tahun ke atas di tujuan populer seperti Times Square dan High Line, dan kemudian di Brooklyn dan Central Park. Rencana ini disetujui oleh Gubernur negara bagian, Andrew Cuomo. Pusat vaksinasi keliling yang berlokasi di lokasi ini telah mulai menawarkan kepada wisatawan satu dosis vaksin Johnson & Johnson tanpa perlu membuat janji terlebih dahulu.

Negara bagian Alaska juga mengikuti dan berupaya untuk melanjutkan pariwisata musim panas, yang telah terganggu oleh pembatasan COVID-19. Pada 1 Juni, negara mengizinkan mereka yang tiba di bandara utama untuk divaksinasi dengan setidaknya dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna.

"Siapa pun yang bepergian di atau melalui Alaska akan dapat divaksinasi jika mereka mau," kata direktur kesehatan masyarakat di Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial Alaska, Heidi Hedberg, saat mengumumkan langkah tersebut.

Beberapa negara bagian AS lainnya, termasuk Arizona, Florida, Louisiana, dan Texas, juga menawarkan vaksinasi COVID-19 gratis kepada orang asing dan turis.


3. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
Abu Dhabi, tujuan wisata terkenal lainnya dan ibu kota Uni Emirat Arab, menawarkan kepada wisatawan visa masuk gratis vaksin COVID-19 dengan Pfizer atau Sinopharm. Anda dapat mendaftar untuk vaksinasi melalui aplikasi vaksinasi COVID-19 di UEA yang dimulai dari 11 Juni, menggunakan informasi paspor pribadi Anda. Cap masuk atau visa diperlukan pada saat vaksinasi. Hingga saat ini, lebih dari 6% dari seluruh populasi Uni Emirat Arab telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19.

Baca Juga: Inilah Video Transformasi Paling Epik di TikTok, Seorang Nenek Berubah Menjadi Wanita Muda yang Cantik

4. Bali, Indonesia
Pulau Bali juga telah mulai menawarkan vaksin Sinovac Cina dan vaksin British AstraZeneca kepada wisatawan mancanegara melalui paket wisata yang mencakup vaksinasi.

Rencana tersebut dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Pada saat yang sama, maskapai penerbangan Indonesia Garuda (GIAA.JK) mulai menyuntikkan vaksinasi COVID-19 gratis pada wisatawan dan pelancong, dengan 20 penumpang di pulau tropis memanfaatkan vaksin Sinovac pada hari pertama. Sejauh ini, baru 5,5% dari total penduduk Indonesia yang mendapatkan vaksinasi lengkap.
 

5. Rusia
Pihak berwenang Rusia menawarkan vaksin COVID-19 kepada turis asing, meskipun tidak gratis. Pelancong dari luar negeri saat ini dapat melakukan perjalanan ke Rusia untuk vaksinasi Sputnik V untuk jangka waktu tiga minggu dengan harga mulai dari USD 1.500 hingga USD 2.500 di samping biaya penerbangan.

Namun, beberapa pelancong mungkin menghadapi kesulitan saat bepergian ke Rusia, karena konsulat Rusia masih belum mengeluarkan visa. “Produknya sudah siap, tetapi masalah dukungan visa dan izin masuk hukum bagi orang asing yang ingin menerima vaksin Rusia masih belum terselesaikan,” kata presiden Persatuan Industri Perjalanan Rusia (RUTI), Andrei Ignatyev.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...