Antrian Panjang Kembali Terjadi di Pelabuhan Penyeberangan RoRo Bengkalis

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:25 WIB
Antrian panjang di Roro Bengkalis Antrian panjang di Roro Bengkalis

RIAU24.COM -BENGKALIS - Antrean padat kembali terjadi di Pelabuhan RoRo Bengkalis sejak pagi Kamis 22 Juli 2021. Antrean padat terjadi bahkan dari kemarin sore, terutama pada antrean kendaraan roda empat di pelabuhan penyeberangan RoRo Desa Air Putih.

Kepala UPT Penyeberangan Bengkalis Fauzi mengatakan terjadinya antrean panjang terjadi sejak Rabu kemarin. Lantaran kapal dari pagi kemarin hingga sore yang berjalan sebanyak empat kapal, diantaranya kapal swarna darma, swarna putri, mutiara pertiwi dan bahari nusantara.

"Satu kapal kemarin off dan melakukan perawatan kemarin yakni permata lestari, namun pada sore hari tepatnya pukul lima sore satu kapal yang dioperasikan mengalami trouble yakni kapal bahari nusantara. Kapal ini kehabisan stok bahan bakar, jam yang sama juga mutiara pertiwi mengalami trouble juga ada kerusakan pada mesin kapal,"ujar Fauzi, Kamis 22 Juli 2021 kepada wartawan.

Baca Juga: Sidang Perdata Sengketa Lahan, Saksi Penggugat Berbelit Belit Saat Dihadapan Majelis Hakim

Menurutnya, kondisi ini membuat kapal beroperasi melayani penyeberangan berkurang. Hanya ada dua unit kapal yang melayani penyeberangan yakni swarna Dharma dan swana putri.

"Kita malamnya berupaya melakukan penambahan trip diluar trip reguler. Setelah dilakukan penambahan trip pada malam harinya masih ada enam baris kendaraan roda empat, diberangkatkan pagi tadi,"ungkap Fauzi lagi.

Lanjut Fauzi, rencananya pagi tadi pihak UPT Penyeberangan Bengkalis meminta pengelola kapal untuk mengoperasikan empat kapal. Namun ternyata pada pagi tadi kapal bahari nusantara masih belum bisa masuk lintasan karena masih ada kendala.

"Begitu juga kapal mutiara pertiwi yang sore kemarin mengalami kerusakan belum bisa masuk lintasan karena rusak dan dalam perbaikan,"ucapnya lagi.

Menurutnya lagi, kondisi ini membuat hanya dua kapal yang akan beroperasi melayani lintasan penyeberangan. Dua kapal itu diantara kapal permata lestari yang hari sebelumnya off, kemudian satu kapal lagi yakni kapal swarna putri.

Baca Juga: Kepala Desa Bantah Terkait Pemberitaan Dua Orang Warga Simpang Ayam Terkomfirmasi Covid-19

"Satu kapal sehari sebelumnya yakni kapal swarna dharma off dan melakukan perawatan. Penyeberangan dengan dua kapal ini terjadi hingga menjelang siang, memasuki pukul 11.00 WIB satu kapal bahari nusantara kembali memasuki lintasan penyeberangan,"bebernya.

Masuknya kapal ini, ungkap Fauzi maka kapal yang beroperasi sebanyak tiga kapal pada siang ini. Untuk menambah kekuatan armada rencana kapal swarna Dharma yang hari ini off menjelang sore juga akan masuk pada lintasan penyeberangan. 

"Pada sore ini ada empat armada bisa mengatasi antrean yang padat saat ini,"ujar Fauzi lagi.

Fauzi kembali menerangkan, antrean padat yang terjadi saat ini awalnya hanya terjadi disisi pelabuhan RoRo Air Putih yang padat. Sementara di Pelabuhan RoRo Sungai Selari lancar, tapi siang ini mulai mengalir kendaraan memasuki antrean,"Kita upayakan empat kapal bisa beroperasi sore ini untuk mengatasi kepadatan antrean," terangnya.

Kepadatan antrean kali ini memang terjadi karena adanya kerusakan kapal. Kalau kapal beroperasi normal antrean pasti berjalan lancar. Meskipun terjadi antrean cukup padat di RoRo Bengkalis, pihaknya memastikan situasi masih kondusif.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...