Uji Coba Global, Ribuan Pasien di 52 Negara Menguji 3 Obat Baru Untuk Mengobati Covid-19

Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:07 WIB
Foto : Ilustrasi Foto : Ilustrasi

RIAU24.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa tiga jenis obat akan menjalani uji coba internasional dalam upaya untuk melihat apakah mereka dapat memperbaiki kondisi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Tiga jenis obat - Artesunate, imatinib dan infliximab akan diuji pada ribuan pasien sukarelawan di lebih dari 600 rumah sakit di 52 negara.

"Menemukan terapi yang lebih efektif dan mudah diakses untuk pasien Covid-19 tetap menjadi prioritas saat ini," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca Juga: Koin Sangat Langka Buatan Kolonial New England Dijual Dengan Harga Fantastis

Artesunat adalah pengobatan untuk malaria; Imatinib, obat yang digunakan untuk kanker tertentu; dan Infliximab adalah pengobatan untuk gangguan sistem kekebalan tubuh seperti penyakit Crohn serta rheumatoid arthritis.

Tedros mengatakan penelitian terkoordinasi di lusinan negara memungkinkan upaya untuk mengevaluasi beberapa perawatan menggunakan protokol tunggal selain menentukan perkiraan kemungkinan efek pada kematian termasuk efek samping sedang.

Obat-obatan tersebut dipilih oleh panel ahli independen yang berpotensi menurunkan risiko kematian pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Semua obat percobaan akan disumbangkan oleh produsen dan telah dikirim ke rumah sakit yang terlibat.

Baca Juga: Penambangan Bitcoin yang Sangat Berisik Membuat Orang Menjadi Gila Di Quebec

Uji coba Artesunate, imatinib dan infliximab pada pasien Covid-19 merupakan tahap kedua dalam solidaritas WHO untuk mencari pengobatan yang efektif untuk penyakit pembunuh tersebut. Sebelumnya, empat obat dievaluasi dalam uji solidaritas yang melibatkan hampir 13.000 pasien di 500 rumah sakit di 30 negara.

Hasil sementara yang dirilis pada Oktober tahun lalu menunjukkan bahwa Remdesivir, Hydroxychloroquine, Lopinavir dan Interferon memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada pasien rawat inap karena Covid-19. Keputusan akhir tentang itu diharapkan akan diumumkan September ini.

Kelompok Penasihat Terapi WHO Covid-19 merekomendasikan untuk mengevaluasi sifat anti-inflamasi Artesunate, yang telah banyak digunakan dalam pengobatan malaria dan penyakit parasit lainnya selama lebih dari 30 tahun, dan dianggap sangat aman.

Sebuah uji klinis acak di Belanda melaporkan bahwa Imatinib, inhibitor tirosin kinase molekul kecil, dapat memberikan manfaat klinis pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Sementara itu, Infliximab telah menunjukkan kemanjuran dan keamanan yang baik dalam menekan peradangan spektrum luas, termasuk di antara orang tua yang paling rentan secara klinis terhadap Covid-19.

Virus corona telah menewaskan sedikitnya 4,3 juta orang sejak wabah muncul di China pada Desember 2019, menurut sejumlah sumber resmi yang dihimpun AFP. Hampir 204 juta kasus di seluruh dunia telah terdaftar.

PenulisR24/ibl


Loading...
Loading...