Sebut Pandemi Covid-19 Semakin Sulit Dikendalikan, Epidemiolog Sarankan PPKM Diperpanjang

Senin, 23 Agustus 2021 | 11:40 WIB
google google

RIAU24.COM -  Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terjadi. Maka dari itu, Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono menyarankan agar pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang.

"PPKM terus diimplementasikan selama Pandemi belum selesai. Hanya diijinkan mengurangi tingkat pengetatan secara bertahap dengan persyaratan yang terus dievaluasi dan dimonitor," kata Pandu di akun Twitternya, Senin (23/8). 

"Jangan pandang remeh pandemi Covid-19 yang semakin sulit dikendalikan tanpa dukungan semua pihak," tegasnya.

Baca Juga: Pria Denmark yang Merusak Kuil di Bali Akan Dideportasi Setelah Menjalani Hukuman Penjara

Diketahui, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 se-Indonesia yang akan berakhir hari ini belum diputuskan apakah bakal diperpanjang atau tidak. Nasib PPKM akan diputuskan pemerintah hari ini.

Sebelumnya, Menteri koordinator Bidang Kemaritiman dan Investas (Menko Marves) sekaligus koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pemerintah telah menjadikan PPKM sebagai instrumen pengendalian mobilitas masyarakat. 

“Saya banyak memperoleh pertanyaan apakah PPKM ini akan dilanjutkan atau dihentikan? Saya ingin menjelaskan bahwa selama Covid19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” kata Menko Luhut dilansir dari inews.id, Senin (23/8).

Baca Juga: Di Indonesia, Wayang Kulit LGBTQ Memiliki Pesan Toleransi

Menurut dia, jika situasi Covid19 semakin membaik, maka level PPKM akan diturunkan ke level yang lebih rendah, dimana level 2 dan 1 nantinya akan mendekati situasi kehidupan new normal. 

“Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan setiap minggu sehingga perubahan situasi dapat direspon secara cepat,” ungkap Menko Luhut

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...