Overload 650 %, Lapas Teluk Kuantan Butuh Bangunan Baru

Jumat, 10 September 2021 | 14:32 WIB
Kalapas Kelas IIB Teluk Kuantan, Yordani Kalapas Kelas IIB Teluk Kuantan, Yordani

RIAU24.COM -  Kondisi memprihatinkan dan saling berdesakan antar penghuni narapidana, terjadi pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi.

Baca Juga: DPKP Kuansing Peroleh DAK Pusat Melalui Program P2L

Dimana saat ini jumlah penghuni Lapas kelas IIB Teluk Kuantan, sebanyak 381 orang dari kapasitas normalnya sebanyak 53 orang.

Sehingga saat ini Lapas Teluk Kuantan, sudah mengalami overload sebanyak 650%. Demikian diungkapkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Teluk Kuantan, Yordani A. Md IP. S. Sos. MH saat dihubungi Riau24.com, Kamis (9/9).

Dengan demikian, Katanya, tentunya kondisi narapidana (Napi), di dalam Lapas saat ini sangat berdesakan. "Upaya yang sudah kita lakukan, kami sudah mengajukan permohonan bantuan lahan kepada pihak Pemkab Kuansing, untuk pembangunan Lapas baru," Ujarnya.

Dikatakannya, sebelumnya pihak Pemkab Kuansing, sudah menghibahkan tanah seluas 2,5 hektar. Namun lahan tersebut, lebih besar biaya pematangannya dari pada biaya pembangunan Lapas. "Lahan yang sudah dihibahkan oleh pihak Pemkab tersebut, berada di Daerah Sinambek Kelurahan Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah," Ujarnya.

Dijelaskannya, hingga saat ini dari pihak Lapas, masih menunggu hibah lahan baru dari pihak Pemkab Kuansing. Untuk kedepannya, diajukan pembangunan Lapas yang baru di Kabupaten Kuansing.

Baca Juga: Kapolres Kuansing Tekankan Percepatan Vaksinasi Nasional Untuk Capai Target 70 Persen

" Ya kita membutuhkan sekitar 5 hektare lahan, sesuai syaratnya untuk pembangunan Lapas kelas IIB," Tuturnya. (Zar)***

PenulisR24/zar


Loading...
Loading...