Tahukah Anda, Inilah Satu-Satunya Burung di Dunia yang Memiliki Kekuatan Super, Dapat Merasakan Bahaya Dari Kejauhan

Sabtu, 11 September 2021 | 13:29 WIB
Foto : IndiaTimes.com Foto : IndiaTimes.com
<p>RIAU24.COM -  Bukankah indah jika kita semua bisa merasakan bahaya? Kejahatan akan menjadi sesuatu dari masa lalu dan keamanan merupakan realitas yang diasumsikan secara alami. 

Sayangnya, kita kekurangan persepsi sensorik untuk mencium bahaya.

Tapi spesies burung tertentu bisa! Kolibri dikenal karena keanggunannya dan diidolakan dalam budaya populer untuk hal yang sama. Apa yang Anda tidak tahu, bagaimanapun, adalah bahwa Kolibri ternyata juga bisa mencium bau bahaya, memungkinkan mereka untuk mendapatkan makanan dengan lebih aman. 

Baca Juga: Ancaman Kepunahan Massal Manusia di Bumi Semakin Besar, Ini Kata Para Ilmuwan

Kemampuan penginderaan bahaya burung kolibri

Studi baru menjelaskan bagaimana kolibri dapat merasakan bahaya saat berburu nektar. Rekan penulis studi Erin Wilson Rankin mengatakan kepada Treehugger bahwa pentingnya penciuman dalam kehidupan burung rata-rata sedang dieksplorasi baru sekarang.

Untuk menilai peran yang dimainkan oleh penciuman dalam kehidupan burung kolibri, para ilmuwan mengamati lebih dari 100 burung kolibri di alam liar maupun di kandang burung.

Mereka diberi makan dua jenis air - satu hanya air biasa dengan gula, dan yang lainnya adalah air manis dengan sentuhan bahan kimia yang mewakili bau - mirip dengan serangga. Bahan kimia yang dimaksud termasuk satu yang diproduksi oleh lebah madu di Eropa, yang lain diproduksi oleh semut Argentina, dan asam format yang dibuat oleh beberapa semut formika dan berpotensi membahayakan burung dan mamalia. 

Baca Juga: Ketika Pertengkaran Steve Ballmer dan Bill Gates, Menghancurkan Salah Satu Perusahaan Ponsel Ternama Dunia

Asam format dapat menyebabkan rasa sakit pada kulit unggas yang terpapar dan juga dapat menyebabkan iritasi pada mata. Eksperimen menunjukkan apa yang para peneliti tidak pernah pikirkan akan terjadi - burung-burung lebih suka air gula biasa tanpa aroma yang mewakili bahaya. 

Hasil dari penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Behavioral Ecology and Sociobiology. Meskipun tujuan utama dari kemampuan ini adalah untuk menghindari bahaya saat mencari makanan, ia memiliki tujuan lain. 

Indera penciuman burung kolibri membantu mereka mendeteksi mayat yang membusuk, yang mungkin menunjukkan potensi bahaya. Indera penciuman burung kolibri didasarkan pada mantra penghindaran. 

Sementara mereka menggunakan penglihatan mereka yang sangat baik untuk menemukan bunga dengan nektar, mereka menggunakan indra penciuman mereka untuk menghindari bahan kimia tertentu yang mungkin menempel pada bunga . Ini sangat penting karena kolibri tidak dapat mendeteksi semut kecil yang dapat membahayakan mereka.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...