Negara Ini Temukan Cara Baru Tes Covid-19 yang Lebih Akurat: Lewat Ketiak

Sabtu, 11 September 2021 | 14:08 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Swab konvensional yang mengambil sampel melalui hidung atau tenggorokan merupakan salah satu cara menguji keberadaan Covid-19 untuk saat ini.

Namun tidak bagi para ilmuwan Thailand. Penemu dari negara Gajah Putih itu berhasil mengembangkan perangkat baru untuk soal uji virus Corona berdasarkan keringat ketiak dikutip dari Mashable SE Asia, Sabtu, 11 September 2021.

Baca Juga: Pasukan Prancis Membunuh Pemimpin ISIS di Sahara, Bertanggung Jawab Atas Pembunuhan Pekerja Bantuan Prancis

Tes ini diklaim 95 persen akurat. Alhasil, para peneliti berharap perangkat akan mendapatkan persetujuan penuh agar dapat langsung dipergunakan di masyarakat luas.

Harapannya juga, temuan ini dapat menjadi alternatif yang sangat populer untuk tes swab Covid-19 kedepan.

Salah satu peneliti Chadin Kulsing membongkar cara kerja temuan tersebut. Mereka menemukan jika orang yang terinveksi Civid-19 akan mengeluarkan zat kimia berbeda.

Untuk cara kerjanya cepat dan mudah. Pertama, subjek meletakkan kapas di bawah ketiak mereka selama sekitar 15 menit. Setelah itu swab dimasukkan ke dalam botol kaca dan disterilkan dengan sinar UV.

Baca Juga: Lewat Pesan di Facebook, Seorang Ibu Bersatu Kembali Dengan Putrinya yang Diculik 14 Tahun yang Lalu

Kemudian petugas mengambil sampel dalam jumlah yang sesuai menggunakan selang hisap, dan menekannya ke dalam alat analisa untuk memeriksa hasilnya.

Pengambilan sampel ini menurutnya membutuhkan waktu 15 menit dan hasilnya akan siap dalam waktu sekitar 30 detik.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...