Hanya Bermodalkan Toner Printer, Pria Ini Mampu Tipu Konsumen Hingga Ratusan Miliar, Dipenjara Selama 4 Tahun

Minggu, 12 September 2021 | 18:35 WIB
Foto : Aljazeera Foto : Aljazeera

RIAU24.COM -  Gilbert Michaels memiliki IDC Servco dan Mytel International. Dia biasa menjual toner dengan bantuan call center bertekanan tinggi dengan harga di atas harga eceran.


Seorang pria yang menagih pelanggan untuk toner printer telah dijatuhi hukuman empat tahun penjara federal setelah menipu lebih dari 50.000 orang selama enam dekade, menghasilkan lebih dari USF 126 juta di sepanjang jalan. 

Sesuai siaran pers yang dibagikan oleh Departemen Kehakiman AS, pelakunya bernama Gilbert Michaels memiliki IDC Servco dan Mytel International. 

Baca Juga: Tragis, 10 Orang Tewas dan 5 Lainnya Hilang Saat Kapal Feri yang Membawa Siswa Terbalik Akibat Cuaca Buruk



Dia biasa menjual toner dengan bantuan call center bertekanan tinggi dengan harga di atas harga eceran.

Mereka akan menelepon perusahaan yang memberi tahu mereka bahwa harga toner telah meroket. Namun, mereka memiliki opsi untuk membeli toner dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih rendah. 

Para korban merasa kesepakatan itu sah dan pada akhirnya akan melanjutkan dan menandatangani formulir konfirmasi pesanan. 

Segera setelah itu, IDC akan mengirimkan toner kepada para korban dengan tagihan yang menuntut pembayaran toner dengan harga yang dinaikkan. 

Jika korban menelepon untuk mengadu, perusahaan mengancam akan menuntut korban karena tidak membayar toner.

Bahkan jika sebuah usaha kecil mencoba meminta mereka untuk mengambil kembali toner, mereka akan memungut lebih banyak biaya dalam bentuk biaya penyetokan ulang. 

Ini secara mengejutkan bukanlah kerfuffle pertamanya dengan DOJ.

Baca Juga: Temukan Boneka Menyeramkan yang Tersegel di Dinding dan Diduga Telah Membunuh Pemilik Sebelumnya, Wanita Ini Ketakutan


Michaels dan perusahaannya berada di bawah pengawasan pada tahun 1988 ketika perusahaan ditegur karena membuat pernyataan palsu dan dipaksa untuk menggunakan perusahaan penjualan independen untuk memindahkan toner printer. 


DOJ menyoroti bahwa Michaels melanggar peringatan sebelumnya dengan membiayai ruang boiler yang seharusnya independen yang dilakukan dalam praktik penipuan tersebut bahkan setelah IDC menerima banyak keluhan dari para korban yang mengklaim bahwa mereka telah ditipu.

Michaels dinyatakan bersalah atas satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan surat, 10 tuduhan penipuan surat dan lima tuduhan pencucian uang.



PenulisR24/dev


Loading...
Loading...