Bupati Andi Putra Tinjau Rencana Kantor OPD Baru, Instruksikan Sekda Siapkan Dokumen

Senin, 13 September 2021 | 08:25 WIB
Saat peninjauan rencana kantor OPD baru Saat peninjauan rencana kantor OPD baru

RIAU24.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra, SH. MH melakukan peninjauan rencana kantor yang akan digunakan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, bertempat di Kompleks Perkantoran Pemda Kuansing, Jumat (10/9/2021) sore.

Baca Juga: Batik Kuansing Semakin Maju, 2022 Kopdagrin Akan Latih Pembatik di Empat Kecamatan

Dalam peninjauan tersebut, Bupati yang mengenakan baju batik motif harimau, didampingi Pj Sekda DR Agus Mandar, Plt Kadis BPMPKB Drs. Muradi, Plt Kepala BPKAD Andi Zulfitri, Plt Kadis Dikpora Masrul Hakim dan Kabag Ortal Setda Yunita meninjau bekas kantor Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dan eks kantor Dinas ESDM Kuansing.

Bangunan ini nantinya akan diperuntukkan untuk kantor 4 OPD baru, guna mewujudkan program pemerintahan Andi Putra-Suhardiman Amby ke depan. Keempat OPD tersebut antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan (Distan HKP), Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak).

Sebagaimana diketahui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ini dibentuk dengan klasifikasi A, terdiri dari Sekretariat, dan tiga Bidang yaitu, Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bidang Kedaruratan dan Logistik, Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi.

"Kita berharap BPBD ini bisa melakukan pencegahan dan penanggulangan bencana lebih cepat," Papar Bupati.

Sedangkan OPD baru lainnya adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang dibentuk dengan klasifikasi C berdasarkan kedekatan fungsi urusan serta besaran kerja. "Tugas OPD ini adalah mengurus masalah tenaga kerja dan transmigrasi," Ujarnya.

Sementara, dua OPD baru lainnya adalah pecahan dari Dinas Pertanian, yakni Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Ketahanan Pangan. Serta Dinas Perkebunan dan Peternakan.

Pemecahan ini, kata Bupati, berdasarkan kondisi geografis dan potensi daerah. Karena pertanian sebagai sektor unggulan dan andalan pemerintah. Kedua OPD ini sama-sama tipe A.

Namun ada beberapa OPD yang mengalami perubahan nomenklatur seperti Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan menjadi Dinas Perikanan, dengan nomenklatur tiga bidang. Untuk Bidang Ketahanan Pangan berada di Dinas Tanaman Pangan.

Perubahan nomenklatur juga terjadi di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, menjadi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dan juga ada perubahan nomenklatur di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Hal ini sesuai dengan program pemerintah daerah ke depan, yakni dalam hal pemberdayaan kelembagaan maupun masyarakat adat di Kuansing," Ujarnya.

Lalu, di Bapenda ditambah satu bidang yakni Bidang PBB Perdesaan dan Perkotaan. Hal ini, katanya, guna meningkatkan PAD sesuai dengan potensi dan karakteristik daerah.

Baca Juga: Mampu Benahi Lapas Kelas-IIB Teluk Kuantan, Aldino Octalaperta: Semoga Kendala Dapat Diatasi

Usai meninjau rencana perkantoran untuk empat OPD yang baru tersebut, Bupati Andi Putra langsung memerintahkan Pj Sekda Kuansing, DR. Agus Mandar dan pihak terkait untuk menyiapkan semua dokumen, agar OPD ini bisa difungsikan segera. "Saya minta Pak Sekda secepatnya mengurusi dokumennya, agar OPD baru bisa kita manfaatkan segera," desak Bupati Andi Putra. (Zar/Rls)***
 

PenulisR24/zar


Loading...
Loading...