Pemimpin Al Qaeda Al-Zawahiri yang Dikabarkan Meninggal, Tiba-Tiba Muncul Dalam Video Peringatan 11 September

Senin, 13 September 2021 | 09:15 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM -  Dua puluh tahun setelah serangan teror yang mengerikan di AS, pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri, dikabarkan tewas, telah muncul dalam sebuah video yang dirilis pada peringatan 9/11. 

SITE Intelligence Group yang berbasis di AS, yang melacak aktivitas online kelompok jihad, melaporkan bahwa Zawahiri berbicara tentang sejumlah masalah. 

Rita Katz, Direktur SITE mentweet, “Di tengah rumor kematiannya, pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri ditampilkan dalam video baru berdurasi 60 menit, kali ini menawarkan beberapa bukti bahwa dia tidak mati – khususnya, merujuk pada peristiwa setelah Desember ketika rumor kematian muncul.” 

Baca Juga: Ketika Sendok Menjadi Simbol Baru Perlawanan Palestina

Dalam video tersebut, Zawahiri berbicara tentang serangan di pangkalan militer Rusia oleh Hurras al-Deen yang bersekutu dengan Al-Qaeda di Suriah, yang diklaim pada 1 Januari.

Klip itu diawali Zawahiri dengan kata "Semoga Allah Melindungi Dia." Video tersebut juga menggunakan klip dari media Taliban, yang menunjukkan para pejuangnya.

 “Sinyal lain tentang pentingnya Taliban dalam narasi gerakan jihad global sejak 9/11, dan bagaimana kemenangan Taliban di Afghanistan juga merupakan kemenangan Al-Qaeda,” tweeted Katz.

Menurut Katz, kelompok media pro-Al Qaeda membanjiri dengan perayaan dan hasutan 9/11: poster, video, tagar, dll. Ini adalah kampanye yang sangat terorganisir dan dipersiapkan dengan matang — tidak seperti yang saya lihat di tahun-tahun sebelumnya. 

Selain itu, sayap media resmi Al Qaeda as-Sahab mengumumkan rilis baru yang akan datang, yang tampaknya berupa video, diharapkan akan dirilis hari ini. Ini mengikuti rilis sebuah buku oleh Zawahiri. As-Sahab merilis bagian pertama dari seri bukunya dengan pengantar tertanggal April 2021. Buku setebal 852 halaman itu didedikasikan untuk para jihadis yang terbunuh.

Baca Juga: Israel Lakukan Penangkapan Massal Terhadap Warga Palestina Setelah Insiden Pembobolan Penjara

Sementara Taliban yang telah mengambil alih Afganistan mungkin terlihat ramah di hadapan penonton Barat, ikatan intrinsik mereka dengan Al-Qaeda tetap ada. Al Qaeda telah menjelaskan bahwa bagi mereka, Imarah Islam yang baru adalah sebuah kemenangan dan mereka adalah penerima manfaat dari harta rampasan itu.

 Zawahiri menggantikan Osama Bin Laden sebagai pemimpin kelompok tersebut setelah Laden diburu oleh pasukan SEAL AS di Jalalabad di Pakistan. Badan-badan intelijen, sampai saat ini, tidak memberikan bukti atau penilaian yang kuat bahwa Zawahiri telah meninggal, meninggalkan pertanyaan tentang statusnya saat ini di udara.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...