Korut Berhasil Uji Coba Nuklir Jarak Jauh yang Bisa Capai Jepang, Amerika Serikat Angkat Suara

Senin, 13 September 2021 | 11:25 WIB
Sumber foto: NPR Sumber foto: NPR

RIAU24.COM - Korea Utara mengatakan pihaknya berhasil menguji coba peluncuran rudal jelajah jarak jauh yang baru saja dikembangkan, Senin (13/9).

Kantor Berita Pusat Korea melaporkan bahwa rudal jelajah, yang dikembangkan selama dua tahun, berhasil mencapai target 1.500 kilometer (932 mil) jauhnya selama uji terbang pada hari Sabtu dan Minggu.
Baca Juga: Pernah Selamat Usai Berjuang Mengalahkan Covid-19, Pasien Tertua Asal Singapura Ini Meninggal di Usia 103 Tahun Karena Sakit Perut


Rudal ini adalah seruan Kim Jong Un untuk memperkuat kekuatan militer negaranya, menyiratkan bahwa Korea Utara sedang mempersenjatai diri mereka dengan hulu ledak nuklir.

Dikutip dari NPR, selain itu, uji coba rudal ini dimaksudkan untuk membangun program nuklir guna melawan permusuhan Korut dengan AS dan Korea Selatan.

Otoritas Korea Utara juga mengatakan bahwa rudal itu adalah senjata strategis yang sangat penting bagi rencana pertahanan Korea Utara.

Jangkauan rudal, jika akurat, akan cukup untuk mencapai Tokyo. 

Komando Indo-Pasifik AS, dalam pernyataan terpisah, mengatakan pihaknya sudah mengetahui laporan tersebut dan akan terus memantau situasi.

Baca Juga: Para Ilmuwan Berhasil Menemukan Pot Berusia 9000 Tahun Dari China, Digunakan Untuk Menampung Bir

"Kegiatan ini menyoroti fokus berkelanjutan (Korea Utara) pada pengembangan program militernya dan ancaman yang ditimbulkan terhadap tetangganya dan komunitas internasional," bunyi pernyataan itu.

"Komitmen AS untuk pertahanan Korea Selatan dan Jepang tetap kuat."

 

PenulisR24/ame


Loading...
Loading...