Warga Laporkan Burung Pingai yang Terlilit Benang Layangan, Anies Baswedan Apresiasi Kesigapan Petugas Kebakaran Jakarta

Selasa, 14 September 2021 | 18:37 WIB
Anies Baswedan [Instagram/@aniesbaswedan] Anies Baswedan [Instagram/@aniesbaswedan]

RIAU24.COM -  Jakarta kini memiliki layanan darurat melalui panggilan ke nomor tunggal 112. Pusat pelayanan tersebut menerima aduan kejadian-kejadian yang mengancam nyawa seperti darurat medis, kebakaran, gangguan keamanan, bencana alam, kecelakaan, kekerasan dalam rumah tangga, juga kecenderungan bunuh diri.

Bentuk pelayanan yang digagas Pemprov DKI, salah satunya tercermin dari respons petugas pemadam kebakaran (Damkar) DKI. 

Petugas membantu mengevakuasi seekor burung yang terlilit benang layangan di kabel udara setelah mendapat informasi dari warga.

Baca Juga: Meskipun Punya Uang Triliunan, Bambang Trihatmodjo Mau Lakukan Hal Tak Terduga Seperti Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menyampaikan apresiasinya kepada petugas damkar DKI yang sigap dalam membantu warga.

"Petugas #DamkarDKI dari Sektor Kecamatan Pasar Minggu membantu mengevakuasi seekor burung Pingai (jenis Pipit Kecil) atau biasa di kenal dengan burung gereja yang terlilit benang layangan dikabel udara di Jl. Rukun Ujung RT 05 RW 05 Kel. Pejaten Timur, Jakarta Selatan," kata Anies dalam unggahan di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Selasa, (14/9).

Setelah dievakuasi dan diselamatkan, kata Anies, burung gereja itu pun segera dilepaskan oleh petugas damkar.

Petugas damkar tak hanya melayani dalam penanggulangan kebakaran dan penyelamatan, namun juga siap membantu berbagai kondisi darurat warga.

Baca Juga: Indonesia Langsung Ambil Sikap Usai Australia Pamer Beli Kapal Selam Tenaga Nuklir

Anies mengatakan, bahwa segala bantuan dan pelayanan yang dilakukan oleh petugas Damkar DKI tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini pun mengimbau warga agar tidak segan atau ragu-ragu untuk meminta bantuan pihaknya bilamana nanti dalam kondisi darurat.

"Silahkan hubungi kami di nomor Jakarta Siaga 112, melalui aplikasi JAKI, media sosial atau datang langsung ke Pos/Sektor Pemadam terdekat apabila melihat/mengalami kondisi darurat," imbau Anies.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...