Diperkirakan Sekitar 1,56 Miliar Masker Wajah Dibuang Pada Tahun 2020, Mengancam Ekosistem Laut Kita

Rabu, 15 September 2021 | 10:29 WIB
Foto : WorldofBuzz Foto : WorldofBuzz

RIAU24.COM - Lautan menutupi lebih dari 70% planet kita. Namun, manusia selalu menemukan cara untuk benar - benar menghancurkannya dengan membuang sampah sembarangan.

Kita sering melihat manusia yang mengotori kantong plastik dan kemasan makanan yang masuk ke lautan. Dan sekarang, kita juga melakukan hal yang sama dengan masker wajah.

Berdasarkan laporan organisasi konservasi laut OceansAsia yang berbasis di Hong Kong, diperkirakan lebih dari 1,56 miliar dari sekitar 52 miliar masker wajah yang diproduksi pada tahun 2020 telah menjadi ancaman bagi kehidupan laut.

Sebagian besar masker wajah terbuat dari polypropylene, yang membutuhkan setidaknya 450 tahun untuk terurai . Ditambah lagi, material mikroplastik yang dilepaskan dari masker akan berdampak buruk pada siklus hidup ikan saat memasuki rongga biota laut.

Baca Juga: Pasukan Prancis Membunuh Pemimpin ISIS di Sahara, Bertanggung Jawab Atas Pembunuhan Pekerja Bantuan Prancis

Meskipun saat ini kita tidak diizinkan mengunjungi pantai untuk beberapa waktu karena penguncian, kami masih menemukan cara untuk mengancam kehidupan makhluk laut.

Dan kitalah yang akan menghadapi konsekuensi dari tindakan kita, karena sumber daya laut negara dikatakan hanya bertahan kurang dari 30 tahun.

Menurut Sinar Harian , Departemen Perikanan sebelumnya juga menemukan bahwa stok ikan demersal seperti ikan belanak, kerisi, ikan lolong bara, udang dan cumi-cumi telah menurun menjadi 21.002 ton pada tahun 2016, dibandingkan dengan 473.345 ton pada 60 tahun lalu .

Dan tindakan kita saat ini hanya akan menyebabkan penurunan ini lebih lanjut, yang akan memiliki efek domino yang juga akan menyebabkan harga makanan laut meningkat.

Baca Juga: Lewat Pesan di Facebook, Seorang Ibu Bersatu Kembali Dengan Putrinya yang Diculik 14 Tahun yang Lalu

Oleh karena itu, setidaknya yang bisa kita lakukan, jika ingin bisa menikmati hidangan seafood favorit tanpa harus menghadapi harga yang melambung tinggi, adalah berhenti membuang sampah sembarangan dan mengikuti petunjuk Kementerian Kesehatan (KKM) tentang cara membuang masker wajah dengan benar. .

Berikut adalah instruksinya :

  • Lepaskan masker wajah.
  • Pastikan tangan Anda tidak menyentuh bagian luar masker wajah.
  • Lipat kedua masker wajah bekas.
  • Gulung masker wajah.
  • Masukkan masker wajah ke dalam kantong plastik atau kertas.
  • Buang masker wajah ke tempat sampah.
  • Cuci tangan setelah membuang masker wajah.
PenulisR24/dev


Loading...
Loading...