3 Tahun Diasuh Diberi Makan Nasi dan Susu, Warga Pelalawan Serahkan Itam Si Beruang Madu ke BKSDA Riau

Rabu, 15 September 2021 | 15:16 WIB
3 Tahun Diasuh Diberi Makan Nasi dan Susu, Warga Pelalawan Serahkan Itam Si Beruang Madu ke BKSDA Riau (foto/int) 3 Tahun Diasuh Diberi Makan Nasi dan Susu, Warga Pelalawan Serahkan Itam Si Beruang Madu ke BKSDA Riau (foto/int)

RIAU24.COM - Kesadaran masyarakat Riau untuk menyelamatkan satwa dilindungi semakin tinggi. Setelah kucing hutan, siamang, terbaru beruang madu diserahkan ke Balai BKSDA Riau.

Hal itu disampaikan BBKSDA Riau melalui akun instagram @bbksda_riau. Beruang madu itu berasal dari Pelalawan dan sudah dipelihara sejak masih kecil dan sekarang sudah 3 taun dirawat.

"Namanya Itam. Dia adalah salah satu penghuni kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau. Usianya sekitar 4 tahun lebih dan berjenis kelamin jantan," sebut @bbksda_riau, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Indro Akui Tak Terima dengan Kemunculan 3 Pemuda Mirip Warkop DKI, Netizen: Si Indro Emang Nggak Asik Orangnya Dari Dulu Juga

Dijelaskan Itam, si Beruang madu (Helarctos malayanus) diserahkan oleh seseorang yang menemukannya ketika masih bayi. Beruang kecil itu terpisah dari induknya di sebuah perkebunan di Bunut, Kecamatan Pelalawan.

"Setelah kurang lebih 3 tahun bersamanya, penolongnya mengetahui bahwa satwa yang selama ini diasuhnya adalah satwa yang dilindungi. Kemudian Itam diserahkan ke Balai Besar KSDA Riau melalui Seksi Konservasi," caption @bbksda_riau.

Baca Juga: Meskipun Punya Uang Triliunan, Bambang Trihatmodjo Mau Lakukan Hal Tak Terduga Seperti Ini

"Saat diserahkan, Itam sudah terbiasa makan nasi, roti dan minum susu. Tim medis dan perawat satwa perlahan tapi pasti mengembalikan kebiasaan makan tersebut dengan makanan yang seharusnya yaitu buah buahan, daging dan madu. Karena Beruang adalah pemakan segala atau omnivora. Saat ini ltam sangat suka pepaya. Namun sayang, Itam belum dapat dilepasliarkan ke habitatnya karena dia masih sangat jinak dan Tim medis belum yakin Itam sudah bisa bertahan hidup dengan kerasnya rimba dan kejahatan oknum manusia yang ingin memanfaatkannya," lanjut @bbksda_riau.

"Semoga Itam segera kuat dan tangguh sehingga cepat berkumpul dengan teman teman dan pasangannya di habitatnya ya sob," tutup @bbksda_riau.

PenulisR24/riki


Loading...
Loading...