Pakar Ini Beberkan Ciri-ciri Negara yang Dikuasai Kelompok Neolib: Pemerintah Jual Jalan Tol ke Swasta

Minggu, 10 Oktober 2021 | 11:04 WIB
Ilustrasi Jalan Tol. Sumber: Bisnis Indonesia Ilustrasi Jalan Tol. Sumber: Bisnis Indonesia

RIAU24.COM -  Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto turut mengomentari infrastruktur jalan tol yang dijual di masa pemerintahaan Jokowi.

Menurutnya, jika pemerintah sudah menjual Jalan Tol ke swasta artinya negara sudah dikuasai oleh kelompok neoliberal dikutip dari rmol.id, Minggu, 10 Oktober 2021.

"Akses publik atau pelayanan publik bisa dikuasai swasta asing atau lokal itu pertanda sebuah negara sudah dikuasai oleh kelompok neoliberal," ujarnya.

Baca Juga: Mencari Sin Nio, Pahlawan Indonesia Berdarah Tionghoa yang Terlupakan

Tak hanya itu negara yang sudah dikuasai oleh kelompok neoliberal juga ditandai dengan banyaknya UU yang sudah diubah sedemikian rupa.

Upaya itu memungkinkan swasta dapat menguasai urusan hajat hidup orang banyak. Seperti jalan tol dan sumber daya alam lainnya.

Baca Juga: Inilah Sosok Artis Dengan Bayaran Tertinggi yang Dahulunya Merupakan Seorang Narapidana Pecandu Narkoba

Setelah itu yang akan terjadi rakyat akan semakin miskin, orang kaya semakin kaya karena memiliki power dan sanggup mempengaruhi kebijakan sebuah negara atau pemerintah.

"Kolaborasi itulah yang dinamakan oligarki. Meraka lah kaum neoliberal, penguasaan jalan tol oleh swasta dengan alasan aksi korporasi ataupun dengan alasan perusahaan BUMN terjerat utang karena memang mereka diskenariokan seperti itu," ujarnya.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...