Gletser Thajiwas, Tempat Wisata Populer Di Sonmarg, Mencair Dengan Cepat Akibat Pemanasan Global

Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:57 WIB
Foto : IndiaTimes.com Foto : IndiaTimes.com

RIAU24.COM -  Sebagai perhatian utama, gletser di Jammu, Kashmir, dan Ladakh mencair pada tingkat yang “signifikan” .

Menurut studi pertama yang menggunakan data satelit, lebih dari 1.200 gletser di wilayah Himalaya mengalami pengurangan tahunan rata-rata 35 sentimeter (cm) antara tahun 2000 dan 2012.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, dilakukan di wilayah Jammu, Kashmir, dan Ladakh, termasuk area di seluruh Line of Control (LoC) dan Line of Actual Control (LAC), dan di seluruh 12.243 gletser dipelajari ketebalannya. dan perubahan massa.

Baca Juga: Video Buaya Besar Menyerang Seorang Perenang dan Menggigit Lengannya, Jadi Viral di Twitter

“Secara umum, terlihat bahwa gletser di pegunungan Pir Panjal mencair dengan kecepatan yang lebih tinggi — lebih dari satu meter per tahun — sementara gletser di pegunungan Karakoram mencair dengan kecepatan yang relatif lebih lambat, sekitar 10 cm per tahun. ,” kata Profesor Shakil Ahmad Romshoo, penulis studi yang sesuai.

Beberapa laporan baru-baru ini juga menunjukkan bahwa gletser Thajiwas yang populer di Sonmarg telah surut 50 meter dalam tiga tahun terakhir .

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar gletser di J&K sedang surut karena perubahan iklim dengan kecepatan rata-rata 18 meter per tahun.

Sebelumnya, Thajiwas tersebar di area yang luas dan berjalan beberapa meter sudah cukup untuk mencapai sana dari Sonmarg . Namun kini, wisatawan harus berjalan berkilo-kilometer untuk melihatnya.

Baca Juga: Pria Merencanakan Kematiannya Sendiri Untuk Mendapatkan Uang Hingga Miliaran Rupiah, Menggunakan Cobra Sebagai Senjata Pembunuhan

Banyak ahli percaya penyebab mencairnya gletser di Himalaya adalah pemanasan global.

“Beberapa gletser bahkan bergerak maju atau stabil di kisaran Karakoram. Di pegunungan lain seperti Pegunungan Himalaya Besar, Pegunungan Zanskar, Pegunungan Shamabari, Pegunungan Leh, gletser tidak diragukan lagi mencair tetapi tingkat pencairannya bervariasi,” Romshoo, Dekan Penelitian di Universitas Kashmir di Srinagar, mengatakan kepada PTI di laporan September 2020.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...