Tak Disangka Tanaman Liar Ini Banyak Mengandung Manfaat bagi Tubuh, : Bisa Mencegah Diabetes

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:33 WIB
Alinea.ID Alinea.ID

RIAU24.COM -  Sosial media sekarang merupakan hal yang penting di dalam kehidupan masyarakat. Karena dapat memudahkan aktivitas manusia, baik dalam pekerjaan, sekolah, dan bisa di gunakan untuk hal lain yang berguna

Sosial media saat ini juga telah banyak tersaji yang bisa di akses, dan sosial media juga bisa di jadikan wadah untuk bisa menyalurkan inspirasi dalam membuat sebuah karya dalam bentuk digital. Dalam menggunakan sosmed harus benar benar pandai.

Dalam menggunakan sosial media kitab bisa dikenal banyak orang, baik itu dari hal yang positif maupun hal negative yang dilakukan baik sengaja ataupun tidak. Banyak ragam sosial media untuk kita berkreasi sepetii Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi

Di sosial media juga bisa berbagi kisah maupun fakta dari yang mengharukan, mengenaskan, sebuah tragedi. Sosial media juga wadah juga tempat segala informasi terbaru atau terupdate.

Ciplukan atau Physalis angulata L. adalah tanaman yang habitatnya di iklim tropis. Di daerah Jawa, ciplukan tumbuh di semak-semak, tepi jalan, kebun, hingga hutan. Buahnya berwarna hijau kekuningan.

Baca Juga: Inilah 5 Preman Indonesia Paling Sadis, Bahkan Ada yang Tidak Bisa Mati : Namun Semua nya Taubat dan Ada yang Menjadi Mualaf

Ciplukan dikenal pula dengan nama Morel Berry (Inggris), Ceplukan (Jawa), Cecendet (Sunda), Yor-yoran (Madura), Lapinonat (Seram), Angket, Kepok-Kepokan, Keceplokan (Bali), Dedes (Sasak), dan Leletokan (Minahasa).

Ciplukan yang dulunya dianggap sebagai gulma telah menunjukkan khasiatnya sejak zaman pengobatan tradisional untuk mengatasi malaria, asma, hepatitis, dermatitis, rematik, demam, flu, dan penyakit lain.

Manfaat akar tumbuhan ini antara lain anti-inflamasi hingga meningkatkan sistem imun. Sementara itu, daun ciplukan mampu mengobati vertigo, menurunkan tekanan darah, sampai mengatasi masalah jantung. Batangnya menyimpan kandungan antineoplastik, yaitu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

Berikut sejumlah manfaatnya untuk kesehatan tubuh, :

Baca Juga: Dianggap Biasa Saja, Ternyata Patung Kayu Ini Berusia 4600 Tahun

Menurunkan risiko kanker

Buah ciplukan mampu menurunkan risiko kanker berkat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga meningkatkan sistem imun dan mampu menangkal tumbuhnya sel-sel kanker.

Mencegah diabetes

Sebenarnya tidak hanya pada buah, daun dan batang ciplukan juga efektif menurunkan dan mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk menurunkan risiko diabetes.

Mengobati epilepsi

Buah ciplukan juga bermanfaat untuk mengobati epilepsi. Kandungan senyawa asam dan berbagai mineral di dalamnya secara efektif memperbaiki sel-sel saraf yang rusak.

Menjaga kesehatan mulut

Kaya akan kandungan vitamin C dan senyawa lain, buah ciplukan berperan sebagai zat anti-inflamasi, baik untuk mencegah dan mengobati sakit tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, dan penyakit lain di area mulut.

zxc3

fakta dari tanaman liar manfaatnya bagi tubuh ini di bagikan melalui akun sosial media Instagram milik @seputar.netizen (11/10/2021). Setidaknya postingan ini telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka.

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...