Kisah Kakek Suhud, Bekerja Sebagai Penjual Juz Amma dan Ojek Pengkolan Diusianya yang Sudah Senja, Hanya Berpenghasilan Rp 30 Ribu per Hari

Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:55 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Usai videonya saat  dimarahi Baim Wong dan dituduh pengemis viral di media sosial, sosok kakek ini pun akhirnya viral.  Dilansir dari akun Instagram, @gerakmenebarkebaikan, Selasa (12/10/2021), kakek tersebut diketahui bernama Suhud.

Pria 70 tahun yang mengejar Baim Wong untuk meminta uang ini rupanya bukan seorang pengemis. Suhud mengaku bahwa dirinya adalah pedagang buku Juz Amma yang berniat menawarkan dagangan kepada Baim Wong.

Baca Juga: Mencari Sin Nio, Pahlawan Indonesia Berdarah Tionghoa yang Terlupakan

"Iya nggak apa-apa. (Saya) pedagang buku, keliling Senin sampai hari Jumat. Jumat ke masjid-masjid gitu," kata Suhud, dalam perbincangannya dengan Yayasan Gerak Menebar Kebaikan melalui video call.

"(Jadi saya waktu itu) nawarin ke Baim itu buku pak," ujarnya.

Selain berjualan Juz Amma, Suhud mengaku bahwa ia juga menyambi ojek pengkolan demi memenuhi kebutuhan hidupnya. "Saya umur udah mau 70, emang saya muter-muter pak, (jualan) buku, kadang-kadang ojek pengkolan," ujarnya.

Baca Juga: Inilah Sosok Artis Dengan Bayaran Tertinggi yang Dahulunya Merupakan Seorang Narapidana Pecandu Narkoba


Sementara itu, dalam keterangan video tersebut menyebut bahwa Suhud mendapat penghasilan sebesar Rp 30 sampai Rp50 ribu per harinya dari usahanya berjual Juz Amma.

Menurut Yayasan Gerak Menebar Kebaikan, Kakek Suhud tidak bermaksud mengemis dan hanya ingin menawarkan dagangan Juz Amma.

“Alhamdulillah tim kami sudah berkomunikasi dengan Kakek Suhud Arief dan mendatangi rumah kakek Suhud. Kakek Suhud berusia 70 tahun, dan kakek Suhud masih semangat untuk mencari nafkah dengan berjualan buku buku juz amma dll,” tulisnya pada Selasa (12/10/2021).

Suhud tinggal di Jakarta dengan anaknya di sebuah rumah yang masih mengontrak.

"Kakek Suhud berusia 70 tahun, dan kakek Suhud masih semangat untuk mencari nafkah dengan berjualan buku buku juz amma dll dengan penghasilan 30 - 50 rb per hari.

 

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan Baim Wong bagi-bagi uang kepada driver ojek online setelah menegur seorang kakek yang hendak menawarkan barang kepadanya viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok, @irwan_gandok, yang mengunggah ulang konten Baim Wong di YouTube, terlihat Baim Wong kesal karena diikuti oleh seorang kakek menggunakan sepeda motor sampai di kediaman orangtuanya. Tampak Baim menghampiri kakek itu dan bertanya kepada kakek tersebut mengapa sampai mengikuti dirinya. Kakek itu pun mengutarakan niatannya mengapa sampai mengikuti Baim Wong.

Kepada Baim, kakek itu mengaku ingin menawarkan barang dagangannya. Belum sempat menunjukkan barang apa yang dijual, kakek tersebut langsung kena marah Baim Wong.

Baim kembali menegur sikap bapak yang mengikutinya untuk menawarkan barang yang dijual.


"Ngikut-ngikutin saya sampai berapa kilo tadi, ngapain jangan (minta-minta), enggak ada," kata Baim sambil berjalan, pergi meninggalkan bapak tersebut.

"Jangan, ngapain ngemis-ngemis gitu," tegas Baim Wong.

Kakek tersebut pun hanya bisa terdiam saat mendengar omelan Baim Wong. "Tuh kayak dia tuh kerja," ucap Baim kemudian sambil memberikan uang pada driver ojol yang sedang berhenti tak jauh dari Baim. Baim kemudian membagi-bagikan uang pada drifver ojol dan juga pedagang warung di dekatnya.

"Tuh kasih uang karena kerja nih, tuh kasih uang kerja, kerja nih kasih duit, jangan ngemis," tutur Baim.

"Masa ngemis ngikutin, malu-maluin aja, ngejar-ngejar minta duit, jangan gitu nggak bagus, minta dikasihanin mulu hidup, jangan," lanjut Baim.

Sikap Baim yang tak ingin membiasakan orang meminta-minta uang itu lantas menjadi sorotan netizen. Banyak para warganet merasa kesal melihat sikap Baim yang sengaja membagi-bagikan uang di depan kakek tersebut.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...