Ragukan Jejak Karbon, Pangeran William Kritik Proyek Wisata Luar Angkasa Jeff Bezos

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:27 WIB
Google Google

RIAU24.COM -  Pangeran William mengkritik beberapa orang terkaya di dunia karena menggunakan kekayaan mereka untuk mendanai perlombaan antariksa baru dan pariwisata luar angkasa daripada mencoba untuk memperbaiki masalah di Planet Bumi sebagai gantinya. 

Dalam komentarnya kepada BBC yang disiarkan Kamis, (14/10), William menyuarakan ketidaksetujuannya, sehari setelah mantan aktor Star Trek William Shatner menjadi orang tertua yang terbang ke luar angkasa dengan roket yang dibuat oleh pendiri Amazon Jeff Bezos.

Pangeran William mengaku meragukan jejak karbon dari perjalanan luar angkasa semacam itu. Menurutnya, lebih baik para penggagas proyek wisata luar angkasa memanfaatkan dananya untuk keperluan pelestarian lingkungan. 

Baca Juga: Seperti Tak Masuk Akal, Sudah 70 Orang Rela Bayar Rp 694 Juta Demi Bisa Hidup Lagi Setelah Mati

Pewaris tahta kerajaan Inggris di garis kedua ini menyebut seharusnya para pihak fokus memperbaiki bumi, bukan mencoba menemukan tempat baru untuk ditinggali. Apalagi, ia menilai krisis lingkungan mengancam generasi muda.

"Saya sama sekali tidak tertarik untuk pergi setinggi itu," kata Pangeran William dikutip dari BBC Internasional, ketika ditanya soal wisata luar angkasa, Kamis (14/10).

Sebelumnya, ada juga sejumlah pihak yang mengkritik proyek wisata luar angkasa Bezos. Politisi Amerika Serikat (AS) Bernie Sanders misalnya mengatakan bahwa wisata luar angkasa merupakan wahana kegembiraan yang hanya diperuntukkan bagi orang super kaya. 

Baca Juga: Pengedar Narkoba yang Kepalanya Dihargai 5 Juta Dolar Berhasil Diringkus

Bezos menjawab kritikan tersebut dan mengatakan bahwa misi wisata luar angkasa itu juga membawa manfaat bagi lingkungan. Menurutnya, apabila sudah berkembang dengan baik, roket bisa mengangkut semua limbah industri berat yang mencemari bumi dan memindahkannya ke luar angkasa.

Jawaban Bezos juga didukung oleh miliarder pendiri SpaceX Elon Musk. Ia menyatakan bahwa tujuan berbagai misi penerbangan luar angkasa adalah untuk menempatkan manusia di Mars.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...