Pesta Olahraga Nasional Papua Berakhir Dengan Jawa Barat Puncaki Jumlah Medali Keseluruhan

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:45 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM - Perhelatan olahraga empat tahunan Indonesia, Pesta Olahraga Nasional ke-20 ( PON  XX Papua), resmi ditutup pada Jumat, 15 Oktober. Jabar memimpin perolehan medali dan akhirnya menjadi juara PON. 

Provinsi peraih medali selama sepekan terakhir ini mengumpulkan 133 medali emas, 105 perak, dan 115 perunggu. 

Baca Juga: Gegara Aturan Seperti Ini, Timnas Indonesia U-23 Berpeluang Lolos Maju ke Ajang Piala Asia 2022

Sementara itu, tim ibu kota Jakarta bersaing ketat dengan Jawa Timur hingga babak final kompetisi dan berhasil menempati posisi runner up setelah merebut lebih banyak medali perak dan perunggu, meski mengumpulkan jumlah medali emas yang sama.

Secara total, DKI Jakarta mengantongi 110 emas, 91 perak, dan 100 perunggu, sedangkan Jawa Timur 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu.  Provinsi tuan rumah Papua berhasil menempati posisi keempat klasemen akhir setelah meraih 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu. Itu termasuk kemenangan 2,-0 melawan Aceh di pertandingan sepak bola putra. 

Baca Juga: Kekalahan Terburuk Cristiano Ronaldo Itu Ketika Dibantai Liverpool 0-5

Sepanjang sejarah Olimpiade, hanya empat daerah yang mendominasi klasemen kejuaraan yang terdiri dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. 

Kemenangan Jawa Barat di Pesta Olahraga Nasional menandai kelima kalinya bagi provinsi secara total setelah provinsi itu menjadi tuan rumah PON pada tahun 2016. Jakarta masih memegang rekor kemenangan terbanyak dengan total 11, tetapi ibu kota terakhir kali memuncaki PON adalah di 2012 saat diselenggarakan di Riau.

PenulisR24/ibl


Loading...

Terpopuler

Loading...