Para Perempuan Gaza Berpartisipasi dalam Hari Olahraga Merah Muda untuk Tingkatkan Kesadaran Kanker Payudara

Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:50 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM Ferial Thabit, direktur Pusat Kesehatan Wanita di Yayasan Budaya dan Pemikiran Bebas, mengatakan kepada Xinhua bahwa kampanye tahunan bertujuan untuk mendorong wanita berusia di atas 20 tahun untuk melakukan pemeriksaan diri dan melakukan pemeriksaan kesehatan setiap bulan.

Wanita berusia 40 tahun ke atas harus menjalani mammogram tahunan untuk menjaga kesehatan mereka, katanya. “Kampanye Oktober Merah Muda tahun ini yang diluncurkan oleh organisasi dimulai dengan kampanye media yang luas dan konvoi merah muda yang berkeliaran di provinsi-provinsi Jalur Gaza, untuk mencapai jumlah wanita sebanyak mungkin dan mengundang mereka untuk melakukan pemeriksaan berkala untuk kanker payudara. ," jelas Tsabit.

Baca Juga: Video Buaya Besar Menyerang Seorang Perenang dan Menggigit Lengannya, Jadi Viral di Twitter

Eman al-Huwaihi, koordinator proyek mengatakan bahwa Hari Olahraga Merah Muda adalah pesan yang dikirimkan kepada para wanita yang menyoroti pentingnya menjaga kesehatan mereka, lapor Xinhua. Ebtisam Hamad, seorang penyintas kanker payudara, mengatakan tanpa deteksi dini penyakitnya, dia tidak akan berhasil lolos dari kematian.

"Hari ini, saya berdiri di depan banyak wanita untuk menceritakan kisah kelangsungan hidup saya," katanya, menekankan pentingnya pemeriksaan berkala bagi wanita.

“Sayangnya, banyak wanita Palestina di Jalur Gaza menemukan penyakit mereka pada tahap akhir penyakit, ketika mereka mendekati kematian atau tahap bahaya,” kata seorang peserta bernama Heba al-Salihi.

Menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas, jumlah kasus pasien kanker yang terdaftar selama beberapa tahun terakhir telah mencapai 8.644 di Gaza.

Baca Juga: Pria Merencanakan Kematiannya Sendiri Untuk Mendapatkan Uang Hingga Miliaran Rupiah, Menggunakan Cobra Sebagai Senjata Pembunuhan

"Jalur Gaza mencatat hampir 2.000 kasus setiap tahun," kata Ahmed al-Shorafa, kepala departemen onkologi di Rumah Sakit Eropa Gaza, kepada Xinhua.

Dia mengatakan kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum di Jalur Gaza, dengan tingkat 18 persen di antara wanita dan pria, diikuti oleh kanker usus besar, leukemia, kanker tiroid, dan kanker paru-paru. “Kampanye penyadaran yang diselenggarakan oleh institusi sipil dapat sangat membantu mendeteksi penyakit secara dini, yang berarti perjalanan pengobatan akan lebih cepat dan tingkat kesembuhan akan lebih tinggi,” jelasnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

Terpopuler

Loading...