Luar Biasa, Ilmuwan Menemukan Bintang yang Berputar Tercepat Di Alam Semesta, Mampu Melakukan Satu Rotasi Dalam 25 Detik

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:07 WIB
Foto : India.com Foto : India.com

RIAU24.COM -  Bayangkan hidup di planet yang berputar setiap 25 detik. Meskipun kita tidak tahu apakah planet seperti itu dapat menampung kehidupan, para ilmuwan kini telah menemukan bintang yang berputar paling cepat di alam semesta yang diketahui umat manusia .

Untuk perspektif, putaran Bumi kita membutuhkan waktu 24 jam untuk menyelesaikan satu putaran atau putaran . Ini hampir selalu ditentukan oleh ukuran planet/bintang dan pusatnya. W engan siklus berputar kedua 25, bintang sulit dipahami bernama "LAMOST J0240 + 1952" memecahkan rekor sebelumnya dari 30 detik dipegang oleh "HD 49.798" .

Baca Juga: Studi Mengklaim Jika Perubahan Iklim Arktik Telah Dimulai Lebih Cepat Dari yang Diperkirakan Ilmuwan

Bintang yang dimaksud terletak 2.000 tahun cahaya dan merupakan katai putih, yaitu, pada dasarnya mati. Katai putih adalah bintang mati yang pernah menyerupai karakteristik Matahari kita. Jenis bintang seperti itu juga memiliki gravitasi yang sangat kuat. Bahkan benda-benda kecil yang dilempar dari jarak dekat akan bergerak sangat cepat di dekat bintang ini.

Bintang yang berputar paling cepat
NASA/CXC/M.Weiss

 

Mengapa berputar begitu cepat?

Alam semesta adalah kanvas gelap raksasa dari reaksi kimia dan kekuatan fisik. Katai putih menerima karakteristik berputar cepat dari bintang katai merah di dekatnya. Katai merah adalah bintang paling umum di Bima Sakti. Katai merah yang relevan ini berputar di sekitar katai putih.

Baca Juga: Apple Menggugat Perusahaan Israel NSO Group Atas Kasus Spyware

Gas dari katai merah memberi daya pada katai putih. Gas dari katai merah menyebabkan katai putih berputar begitu cepat dalam kepanikan. Bintang yang berputar paling cepat yang diketahui umat manusia ditemukan pada 7 Agustus oleh Ingrid Pelisoli dari University of Warwick di Inggris, sebagaimana diungkapkan di arXiv.org.

Tim merekam kilatan cahaya berulang dari duo aneh di luar angkasa. Cahaya yang sama terus muncul 24,93 detik. Berdasarkan ini, mereka menemukan bahwa bintang itu melakukan rotasi setiap 25 detik.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...