Begini Cara Rasidah Alfedri untuk Menurunkan Angka Stunting Di Siak

Jumat, 29 Oktober 2021 | 20:17 WIB
Saat penyampaian dongeng Saat penyampaian dongeng

RIAU24.COM - Untuk mengedukasi anak-anak di kabupaten Siak, Forikan Kabupaten Siak menghadirkan pendongeng anak, Kak Jho, dengan judul Bangau si penggemar ikan. 

Baca Juga: Warga Desa di Siak Bekerja Sama dengan Mahasiswa UNRI dalam Pembuatan Kebun Toga

Dengan membawa boneka kesayangannya, Jojo, Kak Jho mendongeng tentang seekor burung Bangau yang suka makan ikan dan mengajak harimau untuk suka makan ikan. 

Dalam materi dongengnya, pendongeng asal Perawang ini sambil mengenalkan kandungan gizi dari ikan yang bermanfaat memaksimalkan pertumbuhan badan dan kecerdasan otak, yakni kandungan omega 3.

Sementara menurut ketua Forikan Siak, Rasidah Alfedri, mendongeng bisa membuat anak-anak Paud lebih mudah berinteraksi dan mengikuti isi cerita, sehingga bisa mempratekkannya saat sudah di rumah termasuk membiasakan diri mengkonsumsi ikan.

"Kami ingin anak-anak Siak tumbuh cerdas, karena itu melalui materi cerita yang dibawakan oleh pendongeng, harapannya anak-anak lebih mudah diajak untuk mengkonsumsi ikan," sebut Rasidah. 

Menurutnya, sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik karena memiliki protein tinggi, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan.  
 
Kegiatan itu diadakan di dua kecamatan, yang dipadukan dengan penyuluhan manfaat makan ikan bagi ibu hamil dan ibu menyusui di kecamatan yang menjadi lokasi fokus penanganan penurunan stunting. 

"Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini bisa terlaksana karena  kerjasama dari PT Bumi Siak Pusako (BSP)," ucap Rasidah. 

Di ujung sambutanya, istri Bupati Siak ini mengatakan salah satu faktor terjadinya kondisi stunting karena kurangnya asupan makanan bergizi kepada ibu hamil, dan anak-anak balita.

Baca Juga: Launching 100 Gerobak Z-Chicken pada kegiatan Bujang Kampung di Merempan Hilir

"Dengan makan ikan dalam beragam bentuk olahan sangat membantu untuk mencegah stunting. Hal ini mengingat ikan memiliki gizi lengkap kebutuhan untuk pertumbuhan manusia," tuturnya.

PenulisR24/lin


Loading...
Loading...