Inilah Tempat Paling Kering di Dunia : Dua Juta Tahun Tak Ada Curah Hujan

Kamis, 18 November 2021 | 09:22 WIB
Tribun Travel Tribun Travel

RIAU24.COM -  Sosial media sekarang merupakan hal yang penting di dalam kehidupan masyarakat. Karena dapat memudahkan aktivitas manusia, baik dalam pekerjaan, sekolah, dan bisa di gunakan untuk hal lain yang berguna

Sosial media saat ini juga telah banyak tersaji yang bisa di akses, dan sosial media juga bisa di jadikan wadah untuk bisa menyalurkan inspirasi dalam membuat sebuah karya dalam bentuk digital. Dalam menggunakan sosmed harus benar benar pandai.

Dalam menggunakan sosial media kitab bisa dikenal banyak orang, baik itu dari hal yang positif maupun hal negative yang dilakukan baik sengaja ataupun tidak. Banyak ragam sosial media untuk kita berkreasi sepetii Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi

Baca Juga: Akhirnya! Maudy Ayunda Siap Lepaskan Masa Lajang, Seleksi Ketat Sosok Calon Suami

Di sosial media juga bisa berbagi kisah dari yang mengharukan, mengenaskan, sebuah tragedi. Sosial media juga wadah juga tempat segala informasi terbaru atau terupdate.

Seperti yang beredar di sosial media Instagram dimana ada sebuah fakta mengenai tempat terkering yang ada di dunia dan selama 20 juta tahun tak pernah ada yang Namanya curah hujan

Jika membayangkan Antartika, pasti yang pertama kali muncul di benak kita adalah sebuah daratan yang sangat dingin dan tertutup salju. Namun, tahukah Anda, jika tempat paling kering di dunia ternyata ada di kawasan Antartika?

Dry Valley merupakan sebuah kawasan di Antartika yang tidak tertutupi salju abadi yang pada umumnya merupakan ciri khas dari Antartika. Lebih dari dua juta tahun, tidak ada curah hujan di lembah ini. Selain itu, tempat ini juga tidak mengandung uap air (air, es, atau salju), akan tetapi memiliki tingkat kelembapan yang sangat tinggi.

Dry Valley terbentuk akibat dari pergerakan angin katabatic yang berkecepatan 200 mil per jam, yang menguapkan semua kandungan air yang ada. Anehnya, lembah ini merupakan satu-satunya tempat di Antartika yang tidak ditutupi salju. Berada pada daerah Trans-Antartika, dan menghadap ke daerah pegunungan yang menyebabkan penguapan (atau sublimasi) di tempat tersebut lebih tinggi daripada turunnya salju, menyebabkan seluruh es menghilang, sehingga yang tampak hanyalah dataran gundul yang gersang.

Luas Dry Valleys mencakup 0.03 persen dari luas benua Antartika. Sebagaimana yang diketahui, sekitar 14 juta kilometer persegi dari total luas benua Antartika terselimuti salju yang ketebalannya bisa mencapai 2000 meter bahkan 4.800 meter. Pada musim dingin, es juga membekukan lautan, sehingga sulit membedakan mana daratan mana lautan.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai sebuah fakta mengenai tempat terkering di dunia ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @seputar.netizen (15/11/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

Baca Juga: 15 Tahun Cacing Pita Bersarang di Otak Seorang Pria Karena Seing Makan Ini

@rizaza18 :” Kalo berak di sana baru keluar eek nya udah langsung keras gak????? “

@huseinfarhan :” di tanemin singkong bisa itu.. “

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...