Ops Zebra Selama 14 Hari Menyasar Hingga ke RoRo Penyeberangan, Berikut Tujuannya

Kamis, 18 November 2021 | 11:06 WIB
Ops Zebra Polres Bengkalis Ops Zebra Polres Bengkalis

RIAU24.COM -BENGKALIS - Kegiatan operasi Zebra yang dilaksanakan Polres Bengkalis tidak hanya menyasar pelanggaran lalulintas.  Kali ini operasi berlangsung selama empat belas hari itu, hingga tanggal 24 November mendatang juga menyasar pengguna jasa penyeberangan RoRo Bengkalis. 

Petugas Operasi Zebra memastikan pengguna jasa penyeberangan sudah melakukan vaksinasi minimal vaksin pertama. 

Dari pantauan, kegiatan operasi Zebra dilakukan memeriksa pengendara yang akan menyeberang. Mereka diminta menunjukkan bukti vaksinasi sebelum masuk antrian kendaraan. 

Beberapa pengendara yang didapat belum divaksin kemudian diminta melaksanakan vaksin terlebih dahulu. Tidak hanya memeriksa pengendara, Polres Bengkalis bersama Satgas Covid 19 juga menyediakan posko vaksinasi di sana selama operasi Zebra berlangsung.

Baca Juga: Lengkap P21, Penyidik Tipikor Polres Bengkalis Limpahkan Ketua BUMDes Desa Putri Sembilan Rupat Utara

Disamping itu, pengendara yang belum divaksinasi diminta untuk diarahkan melakukan vaksinasi terlebih dahulu di posko vaksin. Hal ini dibenarkan KBO Binmas Polres Bengkalis Iptu Indra yang memimpin operasi Zebra di Pelabuhan RoRo Bengkalis tersebut, Kamis 18 November 2021.

"Kondisi sampai hari ini pengendara yang melintas rata sudah vaksin semua. Hanya beberapa orang tadi kita dapatkan belum vaksin dan kita arahkan untuk melakukan vaksinasi,"ungkap Indra. 

Menurutnya, pengendara dan penumpang yang menyeberang harus menunjukkan bukti vaksin. Bisa melalui kartu vaksin yang dimiliki ataupun menunjukkan aplikasi peduli pelindung yang menunjukkan mereka telah vaksin.

Operasi digelar secara stasional tidak setiap saat diperiksa petugas. Karena mengingat jumlah personil yang juga terbatas untuk melakukan pemeriksaan setiap saat.

Baca Juga: Kabupaten Bengkalis Nihil Penambahan Kasus Covid-19

"Kalau hari ini untuk petugas di lapangan sebanyak sepuluh orang yang melakukan pemeriksaan vaksin,"ungkapnya lagi.

Posko vaksin, ujar Indra, yang disediakan di pelabuhan RoRo Bengkalis tidak hanya dikhususkan untuk mereka yang akan menyeberang saja. Tetapi masyarakat umum yang datang ingin melaksanakan vaksinasi bisa melakukan vaksin di posko vaksin pelabuhan RoRo Bengkalis.

"Masyarakat yang datang juga ramai hanya untuk melaksanakan vaksin tidak menyeberang. Antusias masyarakat cukup tinggi untuk vaksinasi saat ini,"ucapnya lagi.

Sementara itu Rahmat salah satu diantara pengendara yang terjaring petugas belum vaksin dengan sukarela melakukan vaksin di pelabuhan RoRo Bengkalis. Pria asal Pekanbaru ini baru  saja mengantar barang dari Pekanbaru menuju Bengkalis.

"Saya antar barang tadi, saat pulang akan menyeberang diperiksa petugas ditanya sudah vaksin. Karena belum saya jujur saja, langsung disuruh vaksin,"katanya.

Dengan adanya razia ini pihaknya merasa terbantu, karena selama ini ingin vaksin namun belum mendapat undangan vaksin di tempat tinggalnya. 

"Kalau di Pekanbaru itu kita ada undangan di perumahan, bergantian dapat,  saya sampai sekarang belum dapat. Hari ini disuruh vaksin di sini makanya saya mau kebetulan memang sudah ada niat mau ikut vaksin,"pungkasnya.

 

PenulisR24/hari


Loading...
Loading...