Mengejutkan, Hasil Studi Menunjukkan Jika Tempaat di China Inilah yang Mungkin Jadi Asal Wabah Covid-19

Sabtu, 20 November 2021 | 10:25 WIB
Foto : AsiaOne Foto : AsiaOne

RIAU24.COM - Kasus Covid-19 pertama yang diketahui adalah pedagang pasar di kota Wuhan di China, bukan seorang akuntan yang tampaknya tidak memiliki hubungan dengan pasar tetapi kasusnya berkontribusi pada spekulasi bahwa virus itu bisa saja bocor dari laboratorium, menurut sebuah penelitian di AS. .

Asal muasal virus Sars-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 tetap menjadi misteri dan sumber utama ketegangan antara China dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Korut Eksekusi Maati Siswa yang Selundupkan dan Jual Film Squid Game

Sebuah studi bersama oleh China dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun ini mengesampingkan teori bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium, dengan mengatakan bahwa hipotesis yang paling mungkin adalah bahwa virus itu menginfeksi manusia secara alami, mungkin melalui perdagangan satwa liar.

Sebuah tim ahli yang dipimpin WHO menghabiskan empat minggu di dan sekitar pusat kota Wuhan dengan para ilmuwan Cina dan mengatakan dalam laporan bersama pada bulan Maret bahwa virus Sars-CoV-2 mungkin telah ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain tetapi itu penelitian lebih lanjut diperlukan.

Baca Juga: 50 Tahun Menikah, Luhut Beberkan Tips Pernikahan Awet

Seorang akuntan, yang dianggap sebagai orang pertama terjangkit Covid-19, melaporkan bahwa gejala pertamanya muncul pada 16 Desember, beberapa hari lebih lambat dari yang diketahui sebelumnya, kata Michael Worobey, kepala ekologi dan biologi evolusi di University of Arizona, dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Science pada Kamis (18 November).

Kebingungan itu disebabkan oleh masalah gigi yang dia alami pada 8 Desember.

"Awal gejalanya muncul setelah beberapa kasus pada pekerja di Pasar Huanan, menjadikan seorang penjual makanan laut wanita di sana sebagai kasus paling awal yang diketahui, dengan onset penyakit pada 11 Desember," kata studi tersebut.

Dikatakan sebagian besar kasus gejala awal terkait dengan pasar, khususnya ke bagian barat tempat anjing rakun dikurung, dan itu memberikan bukti kuat tentang asal pasar hewan hidup dari pandemi. WHO bulan lalu mengusulkan panel ahli baru untuk menyelidiki sumber virus corona.

PenulisR24/dev


Loading...
Loading...