Menggunakan Infamerah, Teleskop Ini Mampu Mengambil Gambar Planet Jupiter Dengan Sangat Jelas

Selasa, 23 November 2021 | 09:55 WIB
Mocah wallpaper Mocah wallpaper

RIAU24.COM -  Sosial media sekarang merupakan hal yang penting di dalam kehidupan masyarakat. Karena dapat memudahkan aktivitas manusia, baik dalam pekerjaan, sekolah, dan bisa di gunakan untuk hal lain yang berguna

Sosial media saat ini juga telah banyak tersaji yang bisa di akses, dan sosial media juga bisa di jadikan wadah untuk bisa menyalurkan inspirasi dalam membuat sebuah karya dalam bentuk digital. Dalam menggunakan sosmed harus benar benar pandai.

Dalam menggunakan sosial media kitab bisa dikenal banyak orang, baik itu dari hal yang positif maupun hal negative yang dilakukan baik sengaja ataupun tidak. Banyak ragam sosial media untuk kita berkreasi sepetii Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi

Baca Juga: Akhirnya! Maudy Ayunda Siap Lepaskan Masa Lajang, Seleksi Ketat Sosok Calon Suami

Di sosial media juga bisa berbagi kisah dari yang mengharukan, mengenaskan, sebuah tragedi. Sosial media juga wadah juga tempat segala informasi terbaru atau terupdate.

Seperti yang beredar di sosial media Instagram dimana ada sebuah kejadian mengenai tertangkapnya foto planet Jupiter dengan sangan jelas menggunakan teleskop dengan inframerah

Para astronom memperlihatkan citra terbaru Jupiter yang luar biasa dengan menelusuri area-area hangat di planet itu yang bersembunyi di bawah puncak awan gas raksasa.

Citra terbaru Jupiter itu ditangkap oleh Teleskop Gemini di Hawaii menggunakan inframerah, dan menjadi salah satu citra Jupiter yang paling jelas, yang pernah diambil dari Bumi.

Untuk menghasilkan resolusi yang jelas seperti citra tersebut, para ilmuwan menggunakan teknik yang disebut "gambar beruntung" dengan menghilangkan efek kabur ketika mengobservasi planet itu melalui atmosfer yang bergejolak di Bumi.

Metode ini dilakukan dengan membuat beberapa eksposur target dan mempertahankan segmen-segmen dari gambar di mana atmoser yang bergejolak itu minimal.

Ketika semua "tembakan keberuntungan" disatukan dalam sebuah mosaik, citra itu tampak jernih, jauh melebihi yang dihasilkan sebuah foto tunggal.Inframerah adalah panjang gelombang yang lebih panjang daripada cahaya tampak yang lebih akrab dideteksi oleh teleskop seperti teleskop Hubble.

Baca Juga: 15 Tahun Cacing Pita Bersarang di Otak Seorang Pria Karena Seing Makan Ini

Cara ini ini digunakan untuk melihat melewati kabut dan awan tipis di bagian atas atmosfer Jupiter, untuk memberikan para ilmuwan kesempatan untuk menyelidiki lebih dalam tentang aktivitas planet.

Para peneliti ingin memahami dengan lebih baik apa yang membuat dan menopang sistem cuaca gas raksasa Jupiter, dan khususnya badai besar yang dapat mengamuk selama beberapa dekade dan bahkan berabad-abad. Studi yang menghasilkan gambar inframerah ini dipimpin dari University of California di Berkeley.

Itu adalah bagian dari program pengamatan bersama yang melibatkan Hubble dan pesawat ruang angkasa Juno yang saat ini mengorbit planet kelima dari Matahari.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai foto planet Jupiter dengan sangat jelas ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @diversa.fakta (19/11/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

@mhmdaltiand_ :” itu mah pantat panic “

zxc3

@aggataaurelia :” Keliatan banget kabut nya “

@denywayorbeck :” Keliatan bgn bohongnya ???????????? “

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...