Inilah 5 Fakta Mengapa Muntahan Paus Mempunyai Harga Fantastis

Rabu, 24 November 2021 | 08:27 WIB
Tribun Tribun

RIAU24.COM -  Sosial media sekarang merupakan hal yang penting di dalam kehidupan masyarakat. Karena dapat memudahkan aktivitas manusia, baik dalam pekerjaan, sekolah, dan bisa di gunakan untuk hal lain yang berguna

Sosial media saat ini juga telah banyak tersaji yang bisa di akses, dan sosial media juga bisa di jadikan wadah untuk bisa menyalurkan inspirasi dalam membuat sebuah karya dalam bentuk digital. Dalam menggunakan sosmed harus benar benar pandai.

Dalam menggunakan sosial media kitab bisa dikenal banyak orang, baik itu dari hal yang positif maupun hal negative yang dilakukan baik sengaja ataupun tidak. Banyak ragam sosial media untuk kita berkreasi sepetii Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi

Baca Juga: Korut Eksekusi Maati Siswa yang Selundupkan dan Jual Film Squid Game

Di sosial media juga bisa berbagi kisah dari yang mengharukan, mengenaskan, sebuah tragedi. Sosial media juga wadah juga tempat segala informasi terbaru atau terupdate.

Seperti yang beredar di sosial media Instagram dimana ada 5 fakta mengenai muntahan ikan paun yang mengpa mempunyai harga fantastis, berikut rangkumannya :

 

1. Tidak dihasilkan semua paus.

Ambergris adalah isi perut paus sperma jantan yang dihasilkan karena paus menelan benda-benda keras dan tajam, seperti tulang ikan besar atau paruh cumi raksasa. Kemudian, benda tersebut diubah oleh enzim di dalam usus menjadi ambergris. Paus yang dapat menghasilkan ambergris hanyalah paus sperma jantan dan itu pun hanya 1 persen paus dari 350 ribu ekor. Itulah mengapa batu berharga ini terbilang sangat langka.

 

2. Menghasilkan 456 jenis kolesterol.

Ambergris memiliki struktur kimia yang sudah baku dan ternyata memiliki 546 jenis kolesterol, salah satunya amberine dengan kadar 25-45 persen. Amberine merupakan alkohol yang tidak berbau dan didapat dari ekstraksi ambergris dan biasanya digunakan sebagai bahan pembuat parfum sehingga membuatnya memiliki aroma yang tahan lama.

Selain dalam industri parfum, ambergris juga dimanfaatkan dalam industri wine, cokelat, kue, bahkan medis.

Baca Juga: 50 Tahun Menikah, Luhut Beberkan Tips Pernikahan Awet

3. Disebut juga floating gold.

Karena memiliki harga yang sangat mahal dan langka, Ambergris juga mendapat julukan floating gold atau emas yang mengambang seperti yang disebutkan dalam buku Floating Gold: A Natural (and Unnatural) History of Ambergris karya Christopher Kemp. Harga ambergris dapat mencapai Rp30 juta per kg.

 

4. Bukan "muntahan".

Secara teknis, ambergris bukanlah muntahan atau kotoran yang dikeluarkan paus dari perut melalui mulutnya. Diduga, ambergris merupakan hasil ekskresi paus sperma yang dikeluarkan melalui anus. Hal ini terbukti dari bau yang tidak sedap.

 

5. Memiliki terlalu banyak misteri.

Namun, sampai saat ini, ambergris masih terus dikaji oleh para ilmuwan karena masih begitu banyak misteri yang menyelimutinya, seperti mengapa hanya paus sperma jantan yang dapat menghasilkannya. Selain itu, ada juga misteri mengapa kebanyakan hanya dapat ditemukan di laut daerah tertentu, padahal paus merupakan hewan yang tersebar di banyak tempat. Kemudian, belum ada yang membuktikan dengan melihat paus sperma jantan mengeluarkan ambergris secara langsung.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai 5 fakta muntahan ikan paus ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @top5_id (19/11/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih 3 Rribu tanda suka

zxc3

@zdlkhr_ :” di indo floating gold sangat dihindari “

@danny.faisal :” Kalo dapet jualnya kemana? “

@aranikakim :” Jualnya ke mana? “

@amrullah_hyuga :” Floating gold siapanya floating market? “

@helmi.zuhdi19 :” Temen aku punya ini,dia lgi nyari pembeli ???? “

@yhogi_30.t.s :” Kok kayak batu yang saya lempar2 ke laut ya waktu itu. “

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...