PPID Kabupaten Siak Raih Predikat Menuju Informatif

Selasa, 30 November 2021 | 16:59 WIB
Saat terima penghargaan Anugrah Komisi Informasi (KI) Riau Award 2021 Saat terima penghargaan Anugrah Komisi Informasi (KI) Riau Award 2021

RIAU24.COM - Wakil Bupati Siak Husni Merza menerima Anugrah Komisi Informasi (KI) Riau Award 2021, kategori kabupaten Kota dengan Kualifikasi menuju informatif, berlangsung di 
Hotel The Premiere, Pekanbaru, senin (29/11/2021).

Baca Juga: RAPP Raih 8 Kategori Penghargaan K3 Tahun 2022 dari Kemenaker

"Alhamdulillah, hari ini kami menerima penghargaan KI Award 2021, penghargaan yang kita raih hari ini peringkat 5 kategori kabupaten kota predikat "Menuju Informatif" tahun ini terjadi peningkatan, di bandingkan  tahun lalu cukup informatif peringkat 6 naik satu tingkat kita,"kata dia. 

Lanjutnya, penghargaan ini penting dalam rangka mendukung keterbukaan Informasi publik dalam mengelola tata pemerintahan yang baik. Hal ini bisa dilihat dengan transparansinya, setiap sektor pemerintahan dalam keterbukaan informasi dan menjamin hak-hak masyarakat dalam mendapatkan informasi baik yang bisa dipubikasikan atau pun tidak.

"Kedepan saya ingin mengingatkan kepada seluruh OPD agar mendukung keterbukaan Informasi publik, karena ini amat undang-undang yang harus di jalankan. Sebagai lembaga publik, harus transparan dalam mengelolan informasi untuk di ketahui publik,"pintanya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada OPD terkait dalam hal ini, dinas Diskominfo Siak yang telah memiliki kinerja baik, terutama dalam kerjasama dengan opd lain yang memberikan data kepada PPID utama Diskominfo Siak. 

Yang menjadi kendala saat ini, perlu di lakukan sosialisasi terkait pengelolaan PPID baik bagi OPD maupun bagi kecamatan yang ada di kabupaten Siak. 

"Kedepan agar PPID berjalan dengan optimal di Siak, perlu adanya dukungan anggaran yang memadai. Baik itu itu terkait peningkatan inprastruktur maupun peningkatan SDM,"pintanya.

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Zufra Irwan menyampaikan proses manitoring dalam penilaian pada KI Riau Award.

Baca Juga: Bupati HM Wardan Dampingi Gubernur Syamsuar Serahkan BKK Provinsi Riau

"Banyak proses yang kami lakukan dalam penilaian mengenai keterbukaan informasi publik mulai dari ketersediaan PPID di badan publik, informasi yang tersedia, dan mengenai SK pejabat PPID. Jadi kami melakukan penilaian secara detail untuk mendapatkan hasil dari KI Riau Award. Allhamdulilah tahun ini ada kabupaten yang mendapat penilaian 97 dan kami berharap kepada badan publik agar sumber daya manusia terus diperhatikan",Ucap Zufra Irwan.(Lin)
 

PenulisR24/lin


Loading...
Loading...