Bukan Biar Lebih Terjangkau, Ini Alasan All New Daihatsu Xenia Pakai Rem Belakang Tromol

Minggu, 05 Desember 2021 | 22:04 WIB
All New Daihatsu Xenia. Sumber: Internet All New Daihatsu Xenia. Sumber: Internet

RIAU24.COM -  Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi membeberkan alasan All New Daihatsu Xenia dibekali dengan rem belakang tromol.

Padahal, kebanyakan orang menganggap jika rem cakram masih lebih baik dibanding tromol dikutip dari liputan6.com, Minggu, 5 Desember 2021.

Bambang mengatakan, alasan menyamatkan rem belakang tromol bukanlah untuk mengurangi biaya produksi, dan bukan juga menjadikan harga jual semakin lebih terjangkau.

Baca Juga: Meski Kecil, Tapi Mobil Listrik Model Ini Bisa Tempuh Jarak Hingga 408 Km Lho, Berminat...

"Penggunaan rem cakram atau tromol, kembali kepada kebutuhan," ujarnya.

Menurutnya, dengan dibekali rem tromol pada bagian belakang, All New Daihatsu Xenia dapat menahan beban pengereman yang lebih besar.

"Rem tromol itu bisa menahan beban besar (beban pengereman) dan itu cocok untuk mobil keluarga. Tapi, jika berbicara responsnya, pengereman lebih pakem menggunakan cakram," ujarnya.

Baca Juga: Handal Hingga Lebih Awet, Ini Keunggulan Honda Brake Shoe dan Padset

Berbeda halnya dengan mobil sport atau supercar atau mobil balap. Kendaraan tersebut memang lebih cocok menggunakan rem cakram karena membutuhkan respons pengereman yang lebih cepat.

Sedangkan untuk mobil keluarga, yang biasa membawa penumpang banyak dan juga barang lainnya, terlebih saat mudik lebaran, lebih cocok menggunakan rem tromol.

PenulisR24/azhar


Loading...
Loading...