Berbeda dengan Iphone 12, 3 Model iPhone Ini Kurang Laku di Awal Perilisan

Minggu, 05 Desember 2021 | 19:56 WIB
google google

RIAU24.COM -  Apple baru saja mengeluarkan versi terbaru dari keluarga besar iPhone, yakni iPhone 13. Diketahui, pabrikan asal California itu setiap tahunnya rutin mengeluarkan model iPhone terbaru yang selalu ditunggu para penggemarnya.

Apple setiap tahunnya meraup pendapatan hingga ratusan miliar dollar AS dari penjualan produk-produknya, khususnya iPhone. Pada akhir 2020 lalu misalnya, pendapatan Apple tiba-tiba melesat hingga 21 persen menjadi 111,44 miliar dollar AS sebagai dampak dari penjualan iPhone 12, model HP generasi 5G pertamanya.

Bahkan tak main-main, laba per saham Apple naik menjadi 1,68 dollar AS dari 1,25 dollar AS yang melampaui target dari Wall Street akibat dari penjualan iPhone 12 yang mengalahkan rekor penjualan iPhone tiga tahun terakhir.

Meski iPhone terbaru setiap tahunnya selalu ditunggu-tunggu oleh para Apple Fanboy, namun ada juga model iPhone yang kurang diminati penggemar di awal perilisan. Bahkan saking sepinya peminat terhadap model iPhone terbaru itu, Apple sampai memutuskan untuk menghentikan produksinya. Setidaknya ada 3 model iPhone yang kurang diminati penggemar di awal perilisan, apa saja?

Baca Juga: Begini Cara Buat Tulisan Berwarna di WhatsApp, Mudah dan Simpel

1. iPhone XR

Di awal perilisan pada 2018 lalu, iPhone XR dianggap kurang diminati penggemar. Padahal, model HP tersebut merupakan iPhone kedua yang diusung Apple tanpa home button seperti iPhone X yang diluncurkan setahun sebelumnya.

Menurut laporan Business Insider, persediaan iPhone XR masih sangat banyak dalam beberapa hari setelah peluncuran. Kondisi itu tidak pernah terjadi saat Apple merilis iPhone terbaru pada tahun-tahun sebelumnya yang penggemar sudah rela mengantre sejak pagi buta untuk mendapatkan iPhone terbaru.

Bahkan untuk model iPhone terbaru lainnya, iPhone XS dan iPhone XS Max yang dirilis di tahun yang sama, antrean untuk membeli kedua ponsel itu lebih sedikit dibandingkan antrean membeli iPhone di generasi sebelumnya.

2. iPhone 12 Mini

iPhone 12 Mini disebut kurang diminati dan bahkan tidak laku di awal perilisannya, meski Apple sendiri tidak pernah melaporkan data penjualan untuk iPhone model tersebut. Tak lama kemudian, Apple dilaporkan menghentikan produksi model iPhone yang menawarkan ukuran layar hanya 5,4 inci itu pada kuartal kedua 2021 untuk menambah kapasitas produksi model iPhone 12 lainnya.

Menurut kabar yang beredar, Apple menghentikan produksi iPhone 12 Mini karena penjualannya yang sangat sepi dan kurang diminati oleh Apple Fanboy.

3. iPhone 13

Baca Juga: 5 NFT Termahal yang Pernah Terjual di Tahun 2021, Ada yang Mencapai Hingga Puluhan Miliar Lho...

Bloomberg mengabarkan bahwa Apple telah memberitahu kepada pemasok suku cadangnya bahwa permintaan iPhone 13 yang baru diluncurkan pada Oktober 2021 lalu itu sedang melambat.

Model iPhone 13 kurang diminati penggemar diduga karena tidak menyuguhkan peningkatan fitur yang signifikan dari iPhone 12. Bahkan gara-gara itu, Apple memangkas produksi iPhone 13 dari awalnya direncanakan mencapai 90 juta unit menjadi 10 juta unit saja.

Selain kurang diminati penggemar, pemangkasan produk iPhone 13 dilakukan juga karena kelangkaan pasokan chip.

PenulisR24/riz


Loading...
Loading...