Terkenal dengan Kecerdasannya, Ini 5 Sisi Lain Seorang Albert Einsten yang Jarang Diketahui

Kamis, 06 Januari 2022 | 08:44 WIB
google google

RIAU24.COM - Albert Einstein memang terkenal dengan kecerdasannya dan penemuan-penemuan pentingnya dalam peradaban dunia. Bahkan namanya kerap kali disinonimkan untuk menyebut kata genius karena hal tersebut.

Namun, di balik otaknya yang cemerlang itu, Einstein juga menyimpan kisah-kisah menarik yang mungkin jarang diceritakan atau diketahui banyak orang. Misalnya, soal klaim Einstein kecil adalah anak yang bodoh selama sekolah. Nyatanya, rumor tersebut telah banyak disangkal oleh berbagai sumber, salah satunya adalah Forbes.

Untuk lebih lengkapnya, simak pemaparan kisah-kisah unik Albert Einstein yang dikutip dari laman BBC dan History berikut ini,

1. Awal mula tertarik dengan sains

Baca Juga: Viral di TikTok, NCT Dream Bikin Heboh Joget Mendung Tanpo Udan

Pada saat usia 5 tahun sang ayah, Herman menunjukkan kompas saku sederhana dan itu membuat einsten kecil terpesona. Ia berpikir tentang kekuatan apa yang membuat jarum kecil bergerak pada satu arah. Sejak saat itu Einsten mulai berpikir keras dan mencari tahu teka-teki yang membuatnya mulai tertarik dengan sains.

2. Einsten tidak gagal ujian Matematika

Banyak cerita beredar bahwa Einsten remaja gagal dalam matematika. Namun kenyataannya Einsten dikenal sebagai murid berprestasi yang mencetak prestasi memuaskan selama masa sekolah. Einsten mengatakan bahwa kabar dirinya bodoh dalam pelajaran matematika adalah mitos. Bahkan ia berhasil menguasai kalkulus diferensial dan integral di usia 15 tahun.

3. FBI mencurigainya sebagai mata-mata Soviet

Dukungannya terhadap pasifisme dan hak-hak sipil sebelum Hitler berkuasa membuat Einsten dicurigai FBI. Para agen menyadap percakapan Einsten dan mencurigainya sebagai mata-mata Soviet. Hingga meninggal di Tahun 1955, FBI tak berhasil membuktikan Einsten bersalah sesuai praduga yang diberikan sebelumnya.

4. Ditawari menjadi Presiden Israel

Baca Juga: Muak, Ray J Angkat Bicara Soal Tuduhan Kanye West Terkait Video Seksnya dengan Kim Kardashian

Ketika Chaim Weizmann, Presiden Israel yang pertama meninggal di tahun 1952, Pemerintah Israel menawarkan Einsten untuk menggantikan posisi kepala negara yang kosong. Namun tawaran menjadi Presiden kedua Israel itu ditolak oleh Einsten karena ia merasa tak cocok menjalankan perintah tersebut, ia lebih tertarik pada sains dan fisika.

5. Otak dan matanya sempat dicuri

Setalah Einsten meninggal, seorang dokter ahli bedah sempat mencuri otak dan mata miliknya ternyata dokter itu sangat penasaran dengan kepintaran Einsten sehingga ia nekat mencuri otaknya untuk diteliti. Namun, otak itu akhirnya dikembalikan ke tempatnya sedangkan matanya diberikan kepada dokter mata kepercayaan Einsten.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...