Presiden Brasil Akhirnya Keluar Dari Rumah Sakit Usai Alami Penyumbatan Usus

Kamis, 06 Januari 2022 | 16:58 WIB
Foto : Internet Foto : Internet

RIAU24.COM -  Presiden Brasil Jair Bolsonaro akhirnya telah dipulangkan dari rumah sakit dua hari setelah dirawat karena obstruksi usus, komplikasi kesehatan terbarunya dari penusukan tahun 2018 pada uji coba kampanye. “Dipulangkan sekarang. Terima kasih semuanya,” tulis pemimpin sayap kanan di Twitter pada hari Rabu di samping pesan agama dan foto dirinya dan dokternya mengacungkan jempol.

Presiden telah pulih dan siap bekerja, kata dokternya, Antonio Macedo, kepada wartawan.

Bolsonaro akan menjalani diet khusus pada akhir pekan dan tidak akan dapat melakukan olahraga intensif, tambah Macedo.

Baca Juga: Viral di TikTok, NCT Dream Bikin Heboh Joget Mendung Tanpo Udan

"Kami menginstruksikan pasien untuk mengunyah dengan baik, menghindari beberapa makanan, dan kami berharap presiden tetap seperti itu selama 20, 30 tahun ke depan," kata Macedo kepada wartawan di lobi rumah sakit Vila Nova Star Sao Paulo .

Bolsonaro bercanda tentang sulitnya pembatasan. "Saya akan mencoba mengikuti mereka, tetapi hidup terus berjalan," katanya. “Sepanjang hidup saya, saya adalah seorang atlet, di angkatan bersenjata, penerjun payung, penyelam. Sulit untuk tetap diam.”

Bolsonaro, yang telah berkuasa sejak 2019 dan berencana mencalonkan diri untuk pemilihan kembali dalam pemilihan presiden yang dijadwalkan Oktober , mengatakan dia akan mempertahankan agenda rutinnya, termasuk perjalanan ke Rusia pada Februari.

Dia sedang berlibur di negara bagian Santa Catarina di Brasil selatan ketika dia segera dibawa ke rumah sakit Sao Paulo pada dini hari Senin setelah menderita sakit perut.

Dokter memasukkan selang nasogastrik dan bahkan mempertimbangkan untuk melakukan operasi, tetapi sumbatan tersebut dibersihkan pada hari Selasa.

Bolsonaro telah menjalani serangkaian operasi darurat sejak ditikam selama acara kampanye pada September 2018.

Dia mengatakan di Twitter pada hari Senin bahwa dia mulai merasa tidak enak badan pada hari Minggu setelah makan siang, mencatat itu adalah rawat inap keduanya "dengan gejala yang sama" dalam beberapa bulan. Pada Juli 2021, ia dibawa ke fasilitas Vila Nova Star karena penyumbatan usus setelah menderita cegukan kronis.

Baca Juga: Muak, Ray J Angkat Bicara Soal Tuduhan Kanye West Terkait Video Seksnya dengan Kim Kardashian

Macedo mengatakan Bolsonaro bisa mengalami gangguan usus baru di masa depan. Bolsonaro, yang dengan cekatan menggunakan media sosial untuk meningkatkan basisnya , terus hadir secara online selama tinggal di rumah sakit, memposting ke Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...