Sama-sama Bisa Diakses di Komputer, Ternyata Ini Perbedaan WhatsApp Desktop vs WhatsApp Web dan Cara Pakainya

Jumat, 07 Januari 2022 | 14:15 WIB
google google

RIAU24.COM -  WhatsApp Web dan WhatsApp Dekstop mungkin tidak asing bagi sebagian pengguna WhatsApp. Walaupun keduanya sama-sama bisa diakses melalui komputer, mereka tidak sepenuhnya sama.

Baik fungsi maupun cara pakainya, secara umum aplikasi WhatsApp Desktop atau WhatsApp Web hampir sama. Keduanya pun tetap memerlukan koneksi dari ponsel untuk dapat mengakses WhatsApp di perangkat desktop.

Meski demikian, ada sedikit perbedaan WhatsApp Desktop vs WhatsApp Web. Berikut ulasannya.

1. Tampilan antarmuka

Baca Juga: Menurut Peneliti Psikologi China, Remaja yang Kecanduan TikTok Alami Penurunan Kerja Otak

WhatsApp Desktop maupun WhatsApp Web dirancang serupa sehingga kedua layanan ini punya tampilan antarmuka, tata letak dan desain, fitur, serta pengaturan yang sama, mengutip GuidingTech.

Hanya ada sedikit perbedaan tampilan yang terasa dari kenyamanan tampilan. WhatsApp Desktop merupakan aplikasi tersendiri sehingga dapat dimaksimalkan tampilannya menjadi penuh atau full screen. Sementara pada WhatsApp Web layar tidak dapat full lantaran diakses melalui browser.

2. Cara mengakses

WhatsApp Desktop dan WhatsApp Web dapat digunakan oleh pemilik akun WhatsApp. Untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda cukup mengakses situs WhatsApp Web di browser dan langsung memindai kode QR di aplikasi WhatsApp pada ponsel.

Dengan demikian, menggunakan WhatsApp Web Anda tidak memerlukan aplikasi khusus untuk menggunakannya dan dapat dihubungkan di perangkat laptop mana pun.

Sementara WhatsApp Desktop, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di komputer. Setelah menginstal, Anda tinggal menautkan akun WhatsApp di ponsel ke aplikasi desktop dengan memindai kode QR.

3. Memori RAM

Perbedaan WhatsApp Desktop vs WhatsApp Web selanjutnya adalah dalam hal konsumsi RAM. WhatsApp Web yang aktif sedikit lebih besar daripada penggunaan aplikasi WhatsApp Desktop.

Meski selisih penggunaan memori RAM-nya tidak begitu signifikan, namun konsumsi memori aplikasi WhatsApp Desktop yang relatif lebih rendah akan membuat kinerja komputer lebih ringan dan lancar.

4. Notifikasi

Baca Juga: Dua Fitur Anyar Snapchat yang Selamatkan Pengguna dari Narkoba di Media Sosialnya

Notifikasi atau pemberitahuan pesan masuk di Whatsapp Web hanya ditandai dengan bunyi. Selain itu, tak akan muncul pop-up pesan masuk jumlah notifikasi pesan masuk, hanya menunjukkan jumlah pesan baru pada tab browser WhatsApp Web.

Lain halnya dengan WhatsApp desktop, selain muncul bunyi notifikasi akan muncul pula pop-up pesan masuk dan deretan pesan yang belum terbaca. Demikian WhatsApp Desktop vs WhatsApp Web dari sisi perbedaan dan cara pakainya. Aplikasi WhatsApp desktop maupun WhatsApp web sebenarnya tidak jauh berbeda.

Hanya saja, jika Anda merupakan pekerja yang menggunakan PC atau laptop setiap hari, menginstal WhatsApp desktop akan lebih disarankan. Mengingat WhatsApp desktop yang memakan lebih sedikit memori dan akses yang lebih cepat dan nyaman. Sementara WhatsApp web cocok bagi penggunaan yang sesekali saja.

PenulisR24/riz


Loading...

Terpopuler

Loading...