Komputer Kuantum Paling Kuat di Dunia Telah di Kembangkan Oleh Para Ilmuan China : Mampu Lakukan 1 Tugas 100 Triliun Kali Lebih Cepat

Jumat, 07 Januari 2022 | 15:02 WIB
Tek.id Tek.id

RIAU24.COM -  ilmuwan China yang berbasis di University of Science and Technology of China melaporkan komputer kuantum mereka bernama Jiuzhang, yang 10 miliar kail lebih cepat daripada milik Google.Penjelasan tentang Jiuzhang dan prestasi perhitungannya telah dipublikasikan di jurnal Science.

NDTV melaporkan bahwa China telah banyak berinvestasi dalam komputasi kuantum, dengan pemimpin negaranya Xi Jinping menghabiskan US$10 miliar di laboratorium nasional untuk ilmu informasi kuantum.

Jika komputer klasik melakukan penghitungan menggunakan bit, yang dapat memiliki satu dari dua status (biasanya diwakili oleh 1 atau 0), bit kuantum atau qubit dapat ada di banyak status secara bersamaan.

Keberhasilan komputer ini diukur dalam hal jumlah foto yang terdeteksi. Jiuzhang mendeteksi maksimal 76 foton dalam satu pengujian dan rata-rata 43 foton dalam beberapa pengujian. Waktu kalkulasi untuk menghasilkan daftar angka setiap percobaan berjalan sekitar 200 detik.

Baca Juga: Ernest Prakasa Beri Ide Hukuman yang Pantas untuk Bupati Langkat: Dikerangkeng Berdua sama Yayan Ruhian

Sebagai perbandingan, superkomputer tercepat China bernama TaihuLight membutuhkan waktu 2,5 miliar tahun untuk mendapatkan hasil yang sama. Itu menunjukkan bahwa komputer kuantum dapat melakukan GBS 100 triliun kali lebih cepat daripada superkomputer klasik.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai komputer kuantum ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @wowartikel (01/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

PenulisR24/anto


Loading...
Loading...