Bisa Menyalakan Kompor Listrik, Kucing Sebabkan Lebih dari 100 Kebakaran Rumah di Korea Selatan

Sabtu, 08 Januari 2022 | 13:17 WIB
Foto : VOI Foto : VOI

RIAU24.COM - Lazim dikenal sebagai hewan peliharaan yang lucu, ternyata kucing juga menjadi salah satu sumber masalah pelik di Korea Selatan, yakni kebakaran rumah atau hunian. Ini seperti disampaikan dalam imbauan yang dikeluarkan oleh otoritas pemadam kebakaran di ibu kota Seoul, yang meminta pemilik hewan peliharaan untuk waspada, lantaran lebih dari 100 kebakaran rumah.

Dalam sebuah pernyataan Hari Kamis, Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul mengatakan kucing menyebabkan total 107 kebakaran rumah antara Januari 2019 dan November tahun 2021.

Kucing-kucing itu diyakini menyalakan api dengan menyalakan kompor listrik, kata departemen tersebut. Kucing dapat menyalakan kompor listrik dengan menekan tombol yang peka terhadap sentuhan. Setelah terlalu panas, peralatan dapat terbakar.

Empat orang terluka dalam kebakaran tersebut, lebih dari setengahnya dimulai saat pemilik hewan peliharaan keluar, pernyataan itu menambahkan.

"Kebakaran terkait kucing terus terjadi baru-baru ini," kata Chung Gyo-chul, seorang pejabat dari departemen tersebut, mengutip CNN 31 Desember.

Baca Juga: Viral di TikTok, NCT Dream Bikin Heboh Joget Mendung Tanpo Udan

"Kami menyarankan rumah tangga dengan hewan peliharaan untuk memberikan perhatian ekstra karena api dapat menyebar luas ketika tidak ada orang di rumah," sambungnya.

Departemen juga menyarankan pemilik kucing untuk mengeluarkan benda yang mudah terbakar, seperti handuk kertas, dari kompor. Disarankan menggunakan kompor listrik dengan fungsi kunci otomatis untuk mencegah risiko kebakaran.

Lebih jauh Departemen Kebakaran dan Bencana Metropolitan Seoul menerangkan, kebakaran rumah terkait hewan peliharaan meningkat di ibu kota.

Baca Juga: Muak, Ray J Angkat Bicara Soal Tuduhan Kanye West Terkait Video Seksnya dengan Kim Kardashian

Antara Januari dan September 2019, terjadi 31 kebakaran seperti itu, peningkatan yang signifikan dari hanya delapan pada tahun 2016, ungkap departemen tersebut.

"Sebagian besar kebakaran disebabkan oleh kucing," tambahnya.

Untuk diketahui, masalah hewan peliharaan menyebabkan kebakaran tidak hanya terjadi di Korea Selatan. Data American Humane Association, hewan peliharaan bertanggung jawab atas sekitar 1.000 kebakaran rumah di Amerika Serikat setiap tahun.

Asosiasi tersebut mendorong pemilik untuk memasang penutup atau melepas kenop kompor, sebagai tindakan pengamanan dan mengatakan, pemilik harus mencegah hewan peliharaan mereka berinteraksi dengan kompor.

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...