Inilah Hewan yang Bisa Hidup Hingga 100 Tahun Tanpa Harus Banyak Bergerak

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:42 WIB
IDN Times IDN Times

RIAU24.COM -  Binatang apa yang mampu berdiam selama bertahun-tahun tak berpindah tempat? Jawabannya adalah salamander yang ditemukan di Bosnia-Herzegovina.

Salamander ini layak mendapatkan penghargaan dari museum rekor dunia karena berdiam di satu titik, tidak berpindah sama sekali, dalam waktu 7 tahun. Olm, demikian binatang bernama ilmiah Proteus anguinus itu disebut, hidup di dalam air dalam sebuah gua di Bosnia-Herzegovina.

Temuan salamander ini dibeberkan para ilmuwan dari Inggis dan Hongaria dalam baru-baru ini. ournal of Zoology yang erbit. Olm yang hidup dalam gua-gua di Bosnia-Herzegovina, memang rata-rata hanya bergerak kurang dari 10 meter selama kurun waktu 10 tahun.

Baca Juga: Debat Panas Soal Kepiting, Ustaz Asal Indonesia Ini Langsung Disegani Ulama Masjidil Haram

Binatang yang sama sekali buta itu bisa hidup di dalam gua gelap-gulita selama 100 tahun, tanpa takut akan predator, dan bisa tetap hidup tanpa makan selama bertahun-tahun. Olm, demikian jelas para ilmuwan, memang bisa memperlambat metabolisme tubuhnya sedemikian rupa sehingga mampu bertahan hidup tanpa makan selama 10 tahun.

Binatang itu sendiri biasanya memangsa udang-udang kecil dan siput.Olm juga akan bergerak saat akan kawin. Sayangnya makhluk itu biasanya hanya kawin 12,5 tahun sekali. Dalam studi itu, para ilmuwan mengamati salamander olm di habitat alami mereka selama lebih dari delapan tahun.

Untuk mengumpulkan data, para ilmuwan menyelam ke dasar sungai, menangkap binatang itu, memberinya tanda, dan kembali melepasnya di titik mereka ditangkap. Tujuan penelitian itu sendiri, antara lain, untuk mengetahui efek negatif dari aktivitas manusia terhadap ekosistem dan makhluk air yang rentan seperti olm.

Olm termasuk binatang yang terancam keberlangsungan hidupnya karena memiliki tingkat reproduktivitas rendah. Bayangkan saja, binatang salamander ini cuma kawin 12,5 tahun sekali.

Postingan di sosial media Instgram yang menjelaskan mengnenai hewan yang bisa hidup 100 tahun ini dibagikan melalui akun sosial media Instagram milik @rangkumanfakta (08/12/2021). Setidaknya postingan tersebut telah mendapatkan sebanyak kurang lebih Seribu tanda suka

@blds26 :” Alasan mereka gak gerak bukan karena mager:v tapi buta map Awokaowk “

Baca Juga: Demam dan Kejang Usai Divaksin, Siswa SD di Deli Serdang Meninggal Saat Dirawat di RS

@centax_ :” Mirip yg di yt bang,"2 jam gak ngapa-ngapain “

@pak_w.j :” Rebahan saja bisa hidup lebih lama???? “

@udin_asep_best_friends :” Finally hewan indhome real “

PenulisR24/anto


Loading...

Terpopuler

Loading...