Simulasi AI Mengklaim Pantai Barat India Akan Menabrak Afrika Dalam 200 Juta Tahun

Kamis, 13 Januari 2022 | 10:28 WIB
Foto : IndiaTimes.com Foto : IndiaTimes.com

RIAU24.COM -  Semua benua terus bergerak, didorong oleh lempeng tektonik di bawah kita yang perlahan tapi pasti transit satu dari tujuan ke tujuan lainnya. Dalam sekitar 200 juta tahun dari sekarang, India akan menabrak Somalia dan Madagaskar, studi baru menunjukkan .

Berdasarkan simulasi yang memprediksi pergerakan lempeng tektonik di masa depan yang jauh, para ilmuwan memastikan bahwa Laut Arab akan tidak ada lagi dalam 200 juta tahun . Garis pantai barat India akan digantikan oleh pegunungan Somalia. Mumbai akan baik-baik saja, meskipun tanpa lautan.

Baca Juga: Viral di TikTok, NCT Dream Bikin Heboh Joget Mendung Tanpo Udan

200 juta tahun dari sekarang benua

Bagaimana dengan Mumbai?

Ibukota keuangan India kemudian akan terletak di kaki apa yang disebut "Pegunungan Somalaya" yang akan menggantikan seluruh garis pantai. Mogadishu dan Mumbai akan menjadi hampir bertetangga dalam 200 juta tahun dari sekarang. Kolkata dan Mauritius juga akan lebih dekat satu sama lain. Sri Lanka seperti yang kita kenal sekarang juga akan menghilang, menjadi bagian dari anak benua India yang baru.

Baca Juga: Muak, Ray J Angkat Bicara Soal Tuduhan Kanye West Terkait Video Seksnya dengan Kim Kardashian

Makalah penelitian ini diterbitkan dalam American Journal of Science oleh ahli geologi Universitas Utrecht Profesor Douwe van Hinsbergen. 

Dalam percakapan dengan Indian Express, Dr. van Hinsbergen menjelaskan bahwa India barat daya akan "mendapatkan depresi... dari Trivandrum sampai ke Karachi."

"Tanduk Afrika yang mencakup Somalia akan menimpa atau melibas India barat daya dan membuat sabuk gunung besar ini," tambah profesor itu.

Proses serupa melahirkan benua seperti yang kita pahami hari ini dari bekas superbenua Pangea yang memisahkan diri selama jutaan tahun pergerakan untuk memunculkan semua pegunungan dan wilayah pesisir yang ada saat ini.

 

PenulisR24/dev


Loading...

Terpopuler

Loading...