Wabup Siak Resmikan Gelanggang Gasing Antan- Antan Ma'dun

Senin, 17 Januari 2022 | 20:45 WIB
Saat peresmian gelanggang gasing Saat peresmian gelanggang gasing

RIAU24.COM - Kampung Rawang Kao Barat Kecamatan Lubuk Dalam berupaya melestarikan budaya lokal permainan tradisional gasing. 

Baca Juga: Lantik Pengurus Mabiran, Kwarran dan LPK di Dua Kecamatan, Ini Pesan Kawarcab Siak

Upaya ini didukung dengan dibangunnya fasilitas gelanggang gasing. Penggunaan gelanggang gasing diresmikan penggunaanya secara langsung oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza

Peresmian gelanggang gasing yang diberi nama Antan Antan Ma'dun ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi Kampung Rawang Kao Barat yang ke 9 tahun.

"Selain peresmian gelanggang gasing, juga dilaksanakan sejumlah kegiatan lain untuk memeriahkan, diantaranya kegiatan jalan santai, tournamen gasing, voli, badminton, lomba mancing, dan mewarnai anak-anak yang akan dilaksanakan, Ahad 16 Januari 2022," kata Penghulu Kampung Rawang Kao Barat H. Arifin yang juga sebagai Ketua FORMI Kabupaten Siak. 

Dalam kesempatan itu, Wabup Siak Husni Merza menyampaikan mendukung dan mengapresiasi para pengurus kampung serta masyarakat yang telah secara bersama menjaga pelestarian permainan rakyat tradisional gasing, sehingga dengan adanya pendirian gelanggang gasing lebih dapat mengenalkan khususnya kepada generasi muda.

Baca Juga: Pemkab Siak Targetkan Angka Stunting 2024 Menurun Jadi 14 Persen

"Kami atas nama pemerintah kabupaten Siak mendukung dan mengapresiasi kepada masyarakat Rawang Kao Barat yang terus membudidayakan permainan rakyat ini, kedepan diharapkan  ini menjadi wisata edukasi," sebut dia.*

PenulisR24/lin


Loading...

Loading...